This site has limited support for your browser. We recommend switching to Edge, Chrome, Safari, or Firefox.

3 Years of Innovations

4 Fungsi Meja Kantor dan Cara Memilihnya dengan Tepat

Setiap perusahaan memerlukan meja kantor untuk mendukung produktivitas setiap karyawan saat bekerja. Fungsi meja kantor sangat banyak, salah satunya dapat menyimpan dokumen secara fisik dan menyimpan alat tulis kantor. Namun, ada banyak sekali jenis meja kantor dengan fungsi yang berbeda-beda. Sebelum memilih meja kantor, kenali terlebih dahulu berbagai fungsinya di bawah ini.

Apa Fungsi Meja Kantor?

Apa Fungsi Meja Kantor Secara umum, meja kantor berfungsi untuk menyimpan berbagai peralatan kantor, seperti komputer, alat tulis kantor, dan lain sebagainya. Namun tidak itu saja, fungsi lain dari meja kantor yaitu sebagai interior kantor. Interior di kantor dapat memengaruhi kenyamanan Anda saat bekerja. Simak berbagai fungsi meja kantor di bawah ini.

1. Tempat Meletakkan Komputer

Meja kantor berfungsi untuk meletakkan komputer demi kenyamanan kerja. Mengoperasikan komputer di atas meja terbukti dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Jadi, gunakan meja yang cukup luas untuk meletakkan komputer dan berbagai komponennya. Baca juga: 10 Cara Menata Ruang Kantor yang Nyaman dan Estetis

2. Tempat Menyimpan Dokumen

Meskipun saat ini adalah era digitalisasi, tetapi komputer tidak selamanya menggantikan dokumen kantor. Akan ada catatan-catatan yang memerlukan hard copy untuk arsip fisik. Berbagai arsip fisik ini dapat disimpan di atas meja untuk berbagai kebutuhan.

3. Tempat Meletakkan Alat Tulis Kantor

Meja kantor menyediakan laci sebagai tempat penyimpanan untuk beberapa perlengkapan kantor dan alat tulis. Terdapat berbagai ukuran laci yang disesuaikan dengan ukuran meja kantor itu sendiri. Ukuran meja dan laci ini dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

4. Sebagai Interior Ruangan Kerja

Interior kantor memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan kenyamanan kerja dan produktivitas. Bahkan interior yang bagus mampu mengurangi tingkat stres kerja dengan baik. Untuk melengkapi interior tempat kerja, Anda dapat menambahkan berbagai fitur ergonomis seperti meja dan kursi kantor dari PEXIO. Sebuah perusahaan penyedia furniture yang memiliki layanan desain interior. Baca juga: 5 Standar Pencahayaan Ruangan di Tempat Kerja

Jenis-Jenis Meja Kantor

Jenis-Jenis Meja Kantor Terdapat berbagai jenis meja kantor dengan fungsi yang berbeda-beda. Supaya tidak salah pilih, kenali jenis dan fungsi meja kantor serta fitur-fiturnya di bawah ini.

1. Meja Resepsionis

Meja Resepsionis Saat memasuki gedung perkantoran, rumah sakit, dan hotel pasti Anda akan menemukan meja resepsionis ini. Meja ini berfungsi untuk menerima dan memberikan informasi saat tamu datang. Meja resepsionis didesain dengan ukuran meja depan yang lebih tinggi dari belakangnya. Biasanya, meja ini terletak di bagian depan lobby kantor dekat pintu masuk utama. Baca juga: Bagaimana Tata Letak Meja Kantor yang Tepat dan Bikin Betah?

2. Meja Laptop dan Tulis

Meja Laptop dan Tulis Meja yang didesain untuk laptop dan menulis ini biasanya sudah dilengkapi dengan laci. Juga, tersedia lubang kecil untuk menata kabel dan port USB. Meja ini sangat cocok digunakan untuk oleh karyawan yang sering berurusan dengan banyak berkas dan dokumen.

3. Meja Komputer

Meja Komputer Terdapat meja yang didesain khusus untuk meletakkan satu set komputer, mulai dari monitor, keyboard, CPU, hingga printer. Meja ini memiliki permukaan datar yang berfungsi untuk meletakkan monitor supaya sejajar dengan sudut mata penggunanya. Lalu, Anda dapat meletakkan keyboard pada rak tarik yang berada di bawah meja. Baca juga: 10 Desain Meja Komputer yang Unik dan Nyaman

4. Meja Rapat

Meja Rapat Meja rapat didesain dengan ukuran yang lebih panjang supaya dapat menampung banyak orang dalam satu meja. Ada juga meja rapat yang didesain bundar untuk memudahkan setiap orang untuk berkomunikasi satu sama lain. Kapasitas meja rapat bermacam-macam, ada yang hanya cukup untuk 4 - 6 orang, ada juga yang bisa muat sekitar 10 orang.

5. Meja Staff dengan Sekat

Meja Staff dengan Sekat Meja staff didesain khusus untuk perkantoran dengan sekat di tengahnya. Sekat ini berfungsi untuk membagi wilayah meja agar dapat digunakan oleh dua orang karyawan. Fitur-fitur meja ini hampir sama dengan meja laptop, yakni memiliki permukaan datar dan dilengkapi lubang penata kabel dan port USB. Baca juga: 8 Rekomendasi Kursi Komputer Nyaman Terbaik (Terbaru 2022)

Bagaimana Cara Memilih Meja Kantor yang Tepat?

Bagaimana Cara Memilih Meja Kantor yang Tepat Untuk memilih meja kantor yang tepat dapat disesuaikan dengan kebutuhan kantor. Mulai dari penampilannya, ukurannya, hingga fitur-fiturnya. Namun, terdapat fitur penting yang harus dipertimbangkan saat memilih meja kantor. Apa saja itu? Simak uraiannya di bawah ini.

1. Kekuatan dan Daya Tahan

Anda harus memilih meja kantor yang terbuat dari bahan yang kuat, karena akan digunakan untuk menyimpan berbagai keperluan kantor dengan beban yang cukup berat. Misalnya, satu set komputer beserta komponennya, berbagai alat tulis, serta dokumen fisik. Selain itu, pilih bahan meja kantor yang sekiranya dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama. Baca juga: 13 Ide Kreatif Dekorasi Meja Kantor Penyemangat Kerja

2. Penampilan

Pilih meja kantor yang dapat membuat interior ruang kerja Anda terlihat bagus dan nyaman. Memilih meja kantor dengan tampilan yang bagus dapat meningkatkan citra perusahaan di depan para klien. Hal ini tentu akan menguntungkan perusahaan Anda, terutama saat klien merasa nyaman dengan interior di perusahaan Anda.

3. Multifungsi

Untuk mendukung berbagai pekerjaan, sebaiknya Anda memilih meja kantor yang multifungsi. Terdapat beberapa meja kantor yang dapat dimodifikasi bentuknya dengan memindahkan beberapa fitur-fiturnya. Salah satu keuntungan dari meja kantor yang multifungsi yaitu dapat digunakan oleh siapa pun dan dalam kondisi apa pun.

4. Ukuran yang Tepat

Ukuran meja kantor dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau ukuran kantor itu sendiri. Jika meja kantor ini hanya digunakan untuk menyimpan laptop saat bekerja, Anda dapat memilih ukuran meja yang tidak terlalu besar. Namun, jika meja tersebut digunakan untuk kebutuhan rapat, maka pilih ukuran meja yang bisa muat banyak orang. Itu dia berbagai fungsi meja kantor serta cara memilihnya dengan tepat. Pilih meja kantor yang dapat meningkatkan kenyamanan dan produktivitas karyawan, seperti meja ergonomis atau Ergonomic Desk Warren dari PEXIO. PEXIO merupakan perusahaan penyedia furniture ergonomis yang menyediakan berbagai tipe meja dan kursi untuk kebutuhan kantor. Hubungi tim PEXIO sekarang juga untuk solusi meja ergonomis di perusahaan Anda. Ergonomic Desk PEXIO

Cart

No more products available for purchase

Your Cart is Empty