This site has limited support for your browser. We recommend switching to Edge, Chrome, Safari, or Firefox.

Inilah Posisi dan Sikap Duduk yang Benar dan Sehat

Sadarkah Anda bahwa sebagian besar waktu dalam berkegiatan dan menyelesaikan pekerjaan dilakukan dengan posisi duduk. Pada saat berkendara, bekerja baik di kantor maupun di rumah, hingga makan dan bertemu teman pun banyak dilakukan dengan posisi duduk. Maka dari itu penting untuk mengetahui posisi dan sikap duduk yang benar dan sehat. Sebab akan timbul berbagai keluhan saat Anda berada pada posisi dan sikap duduk yang salah, terlebih dalam waktu yang lama. Sikap duduk berhubungan dengan kesehatan tulang belakang, sehingga timbul risiko nyeri pada area punggung dan menjalar ke area tubuh lainnya. Anda harus mengetahui posisi dan sikap duduk yang benar dan sehat agar terhindar dari segala risiko dan tetap nyaman meski duduk dalam waktu yang lama. PEXIO akan berbagai posisi duduk yang benar dalam artikel kali ini.

Bagaimana Posisi dan Sikap Duduk yang Benar dan Sehat?

Bagaimana Posisi dan Sikap Duduk yang Benar dan Sehat Selain mencegah berbagai risiko sakit pada badan, menerapkan posisi dan sikap duduk yang benar dan sehat dapat meningkatkan konsentrasi dan menjaga tubuh tetap dalam postur yang ideal. Adapun posisi dan sikap duduk yang harus Anda terapkan agar duduk dengan benar dan sehat antara lain:

1. Duduk dengan Tegak

Duduk dengan Tegak Posisi dan sikap duduk yang benar dan sehat pertama yang harus dilakukan adalah duduk tegak. Pastikan punggung Anda menyentuh bagian backrest kursi dan pinggang menyentuh bagian backrest bawah. Usahakan untuk menerapkannya setiap kali duduk agar terbiasa. Meski ada rasa tidak nyaman di awal, jika dilakukan secara rutin akan terbiasa dengan posisi tegak ini.

2. Kaki Menyentuh Lantai

Kaki Menyentuh Lantai Memastikan kaki tidak dalam posisi menggantung dan tetap menyentuh lantai adalah salah satu posisi dan sikap duduk yang benar dan sehat yang tidak kalah penting. Selain itu, kaki juga harus dalam keadaan membentuk sudut 90° dan tempelkan bagian lipatan kaki pada ujung alas duduk kursi. Sebaiknya, hindari duduk dengan menyilangkan kaki sebab dapat menyebabkan otot menjadi kaku dan rasa pegal muncul lebih cepat.

3. Atur Posisi Layar yang Ideal dengan Posisi Duduk

Atur Posisi Layar yang Ideal dengan Posisi Duduk Mengatur posisi layar agar ideal ini maksudnya, jangan meletakkan laptop atau perangkat lain pada bagian yang terlalu rendah. Hal ini akan membuat Anda menunduk saat melihat dan memengaruhi kesehatan leher dan mata. Ingat, pusat saraf motorik sebagian besar berada di bagian leher. Sehingga pastikan Anda menjaga bagian leher dengan menempatkan perangkat dalam posisi yang lurus dengan mata. Baca juga: Seperti Apa Posisi Duduk Ergonomi yang Membuat Nyaman Ketika Bekerja?

4. Memperhatikan Posisi Keyboard dan Mouse

Memperhatikan Posisi Keyboard dan Mouse Selain monitor, keyboard dan mouse harus digunakan sesuai dengan prinsip ergonomis yaitu meletakkan laptop pada jarak 10 cm dari tepi meja dan memberikan ruangan untuk pergelangan tangan saat mengetik. Begitu pula dengan mouse, Anda sebaiknya memperhatikan mouse yang digunakan berukuran sesuai dengan genggaman tangan dan memberikan ruang untuk pergelangan saat sedang dalam keadaan sejajar dengan keyboard.

5. Letakkan Barang Pada Area yang Terjangkau

Letakkan Barang Pada Area yang Terjangkau Agar otot tangan tidak kaku dan cepat lelah, letakkan barang yang penting untuk menunjang pekerjaan pada tempat yang terjangkau oleh tangan. Sehingga Anda dapat menjangkau seluruh peralatan dan barang kerja dengan mudah dan cepat. Baca juga: 10 Prinsip Ergonomis dalam Bekerja Beserta Fungsinya

6. Istirahat dan Lakukan Stretching

Selalu duduk selama berjam-jam tanpa melakukan stretching dapat membahayakan kondisi tulang punggung. Anda harus berdiri dan melakukan stretching atau berjalan dari ruang kerja ke tempat tertentu untuk mengistirahatkan punggung. Hal ini efektif untuk menjaga kesehatan tubuh seperti pinggang, leher, punggung, serta tangan dan membuatnya tetap rileks. Selain itu, coba untuk mengistirahatkan mata dari perangkat elektronik agar mata tidak mudah lelah. Melihat tanaman hijau sambil menghirup udara segar dapat menjadi solusi tepat untuk mengistirahatkan mata dan menjaga mood agar tetap baik.

7. Konsumsi Air Putih

Konsumsi Air Putih Tahukah Anda bahwa air putih dapat membantu mencegah banyak penyakit pada tubuh. Posisi dan sikap duduk yang benar dan sehat maupun yang salah, jika dilakukan dalam waktu yang lama akan berisiko membentuk batu ginjal. Maka demikian, dibutuhkan konsumsi air putih yang cukup untuk menjaga kondisi ginjal dan organ dalam lainnya tetap sehat.

8. Jangan Menggerakkan Kepala Secara Tiba-Tiba dengan Cepat

Menoleh secara tiba-tiba dengan cepat saat duduk faktanya dapat menjadi salah satu faktor timbulnya rasa nyeri pada leher. Sangat dianjurkan untuk menggerakkan kepala secara perlahan. Jika memungkinkan, coba untuk menoleh dengan seluruh badan. Untuk menerapkan posisi dan sikap duduk yang benar dan sehat dengan baik, terapkan juga cara ini sehingga akan semakin kecil kemungkinan munculnya rasa sakit pada bagian-bagian tubuh tertentu. Baca juga: Kursi Kerja Ergonomis untuk Mencegah Efek Terlalu Lama Duduk

9. Menggunakan Kursi Ergonomis

Menggunakan Kursi Ergonomis Agar menunjang posisi dan sikap duduk yang baik dan benar, Anda memerlukan furniture ergonomis. Furniture ergonomis merupakan perabotan yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan tujuan memudahkan pekerjaan dan mengedepankan kenyamanan serta kesehatan tubuh penggunanya. Menggunakan kursi ergonomis dapat membantu Anda membiasakan diri untuk duduk tegak karena kursi ergonomis didesain mengikuti bentuk tulang. Hal tersebut juga akan meningkatkan produktivitas sebab Anda tidak lagi merasakan sakit pada punggung, pinggang, bahkan leher dan kepala karena kursi ergonomis juga dilengkapi dengan headrest. Kursi Ergonomis BRADLEY dari PEXIO dapat menjadi salah satu pilihan yang menarik. Sebab memiliki desain yang elegan dan dilengkapi dengan headrest serta armrest yang semakin menambah kenyamanan Anda saat bekerja. Itulah beberapa informasi mengenai posisi dan sikap duduk yang benar dan sehat yang harus Anda ketahui. Dalam penerapannya, kursi ergonomis adalah salah satu cara paling efektif untuk membuat Anda duduk dalam posisi yang benar namun tetap nyaman. PEXIO menyediakan berbagai ergonomic chair yang dapat Anda pilih sesuai dengan model yang diinginkan. Tunggu apa lagi? Segera kunjungi website PEXIO untuk melihat koleksi kursi ergonomis yang berkualitas. Sudah punya pilihan? Langsung saja dapatkan unitnya di e-commerce kesayangan Anda. Kursi Ergonomis BRADLEY dari PEXIO

Cart

No more products available for purchase

Your Cart is Empty