Situs ini memiliki dukungan terbatas untuk browser Anda. Kami menyarankan untuk beralih ke Edge, Chrome, Safari, atau Firefox.

8 Posisi Duduk Depan Komputer yang Disarankan

Apakah posisi duduk depan komputer kamu sudah benar? Bagi seorang pekerja yang setiap harinya bekerja sambil duduk di depan laptop atau komputer sudah seharusnya untuk mencari tahu posisi duduk yang benar. 

Duduk memang tidak membahayakan tapi jika dilakukan berkepanjangan, berbagai gangguan kesehatan bisa kamu alami, seperti nyeri punggung, nyeri leher, dan nyeri sendiri. Kondisi ini akan semakin parah apabila duduk dalam waktu lama dengan posisi yang salah.

Lantas, seperti apa posisi duduk depan komputer yang disarankan? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini!

Cara mendapatkan posisi duduk depan komputer yang benar 

Jika kamu sering mengeluhkan pegal-pegal, terutama di bagian pinggang atau mata mudah lelah sehabis bekerja, itu adalah efek dari terlalu lama bekerja di depan komputer. Pekerjaan yang menuntut demikian tentu membuat kamu harus berhati-hati terhadap kesehatanmu sendiri. 

Jangan sampai memaksakan diri untuk produktif tapi malah mengorbankan kesehatan. Nah, solusinya adalah dengan menerapkan posisi duduk depan komputer yang benar. Posisi yang disarankan melibatkan beberapa hal, seperti ketinggian meja dan kursi, jarak ideal mata ke layar komputer, hingga postur tubuh yang tepat. 

Berikut beberapa cara untuk mendapatkan posisi duduk depan komputer yang benar. 

1. Sesuaikan ketinggian meja dan kursi 

Posisi duduk depan komputer yang benar adalah dengan mengatur ketinggian meja dan kursi. Saat duduk, lengan harus membentuk huruf L atau 90 derajat dari lantai dan posisi siku berada tepat di samping atau tidak jauh dari tubuh. 

Posisi ini akan mencegah kamu terhindar dari cedera lengan dan pergelangan tangan ketika mengetik. Sebab posisi ini akan memungkinkan kedua bagian tubuh tetap lurus dan sejajar dengan lantai. 

Untuk mendapatkan posisi ini, kamu perlu menyesuaikan tinggi kursi atau meja kerja. 

2. Atur keyboard dan mouse

Jika ingin mendapatkan posisi duduk depan komputer yang benar, taruhlah keyboard tepat di depan kamu. Hindari mendorong keyboard ke depan untuk kemudian menaruh dokumen di hadapanmu. Hal ini akan memaksa kamu untuk meraih keyboard jauh ke depan. 

Tentunya posisi ini hanya akan mencederai pinggang dan tulang belakang. Lebih baik gunakan tempat untuk menaruh dokumen di sebelah kiri atau kanan untuk memudahkanmu. 

Selain itu, untuk penggunaan mouse, mouse harus diletakkan tepat di samping keyboard – tidak terlalu jauh dari jangkauan kamu. Hal ini akan mencegah lengan terasa pegal. 

3. Ketahui jarak ideal mata ke layar komputer

Posisi duduk depan komputer dikatakan tepat apabila jarak mata ke layar monitor sejauh 40 – 76 cm atau sekitar sepanjang lengan kamu. Penentuan jarak ini bertujuan untuk menghindari masalah mata akibat menatap layar terlalu dekat dalam waktu lama, seperti mata merah, mata gatal, atau mata kering. 

Kamu juga bisa memiringkan layar komputer, yakni sekitar 10 – 20 derajat ke belakang sekaligus mengatur pencahayaan monitor agar jangan terlalu gelap ataupun terang supaya mata tetap nyaman selama melihat layar komputer.

Mata juga harus berkedip secara berkala yang berfungsi untuk melicinkan mata dan mencegah iritasi. Pada layar komputer, kamu juga bisa menggunakan filter proteksi radiasi komputer agar mata tidak mudah lelah selama bekerja di depan komputer. 

Selain itu, demi menghindari nyeri pada leher, usahakan untuk mensejajarkan bagian atas layar komputer dengan mata. Hal ini bertujuan agar posisi leher tetap lurus sehingga kamu tidak perlu menunduk atau menengadah. 

4. Atur posisi tubuh bagian atas 

Untuk mendapatkan posisi duduk depan komputer yang benar, pastikan kamu mengatur posisi punggung, bahu, dan bokong saat bekerja. Agar tidak cedera, duduklah dengan posisi punggung dan bahu ke belakang serta bokong menyentuh bagian belakang kursi. 

Selain itu, pilih kursi yang dapat menopang punggung dengan baik. Jika perlu, kamu bisa menggunakan bantal atau gulungan handuk sebagai ganjalan punggung bagian bawah ketika duduk. 

5. Perhatikan posisi tubuh bagian bawah

Posisi duduk depan komputer yang benar adalah ketika lutut sejajar dengan pinggang. Untuk mendapatkan posisi ini, pastikan telapak kaki menyentuh lantai. Apabila tidak sampai, gunakan pijakan kaki atau footrest agar kaki tidak menggantung. 

Saat bekerja, usahakan untuk tidak menyilangkan kaki dan pergelangan kaki sebab hal ini justru dapat menyebabkan nyeri pada punggung. Posisi duduk yang ideal adalah ketika tidak terlalu rapat atau ada jarak antara bagian belakang lutut dengan kursi. 

6. Gunakan perangkat kerja ergonomis

Menggunakan perangkat kerja yang ergonomis adalah jalan pintas untuk mendapatkan posisi duduk depan komputer yang benar. Perangkat kerja ergonomis seperti kursi kerja akan memungkinkan kamu untuk bekerja sambil duduk dengan lebih nyaman. 

Kursi kerja yang ergonomis bukan hanya menjaga postur tubuh tetap ideal tapi juga dapat mencegah kamu dari back pain atau masalah lainnya yang biasa dikeluhkan oleh karyawan kantoran. 

Namun, dalam memilih kursi kerja ergonomis, pastikan kamu memerhatikan beberapa hal berikut ini: 

-       Pertimbangkan kualitas materialnya 

-       Memiliki desain yang mendukung lengkungan alami punggung 

-       Ketinggian dudukan dan lengan kursi yang dapat disesuaikan

-       Pilih yang model jaring atau mesh karena dapat meningkatkan sirkulasi udara tubuh

-       Ukuran lebar kursi harus disesuaikan dengan berat badan 

-       Pilih kursi dengan sandaran kepala 

-       Kursi dapat diputar dengan mudah 

7. Penerangan 

Mendapatkan posisi duduk depan komputer yang benar harus didukung dengan penerangan yang cukup. Pastikan agar lingkungan kantor kamu memiliki pencahayaan yang bagus. Jika dirasa kurang terang, kamu bisa membuka jendela atau menambahkan lampu. Secara tidak langsung hal ini dapat memengaruhi posisi duduk serta produktivitas ketika bekerja. 

8. Beristirahatlah 

Setelah mendapatkan posisi duduk depan komputer yang benar, berikan waktu untuk beristirahat sejenak. Menatap monitor dan duduk dalam posisi yang sama dalam waktu lama dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh. 

Oleh karenanya, disarankan agar kamu dapat beristirahat selama 1 – 2 menit setiap 30 menit sekali atau 5 – 10 menit setiap jam. Saat beristirahat, kamu bisa memejamkan mata, meregangkan tubuh, berjalan ke pantry untuk mengambil minum atau membuat kopi, pergi ke toilet, atau sekadar berjalan-jalan sebentar di area kantor.  

Itu dia ulasan mengenai cara mendapatkan posisi duduk depan komputer yang benar. Bekerja sambil duduk di depan komputer dalam waktu lama tentu dapat membuat tulang belakang menjadi lelah. Jika dilakukan secara terus menerus tanpa diimbangi dengan pola hidup yang sehat, pastinya hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan. 

Oleh karenanya, atur posisi duduk senyaman mungkin agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Giat bekerja itu harus, tapi jangan sampai mengorbankan kesehatanmu, ya!  

Dapatkan kursi ergonomis terbaik kamu di sini!

Keranjang

Tidak ada lagi produk yang tersedia untuk dibeli

Keranjang Anda kosong