This site has limited support for your browser. We recommend switching to Edge, Chrome, Safari, or Firefox.

Inilah Posisi Duduk Yang Benar Saat Membaca

Pernahkah Anda merasa nyeri pada bagian leher akibat terlalu lama membaca? Masalah tersebut bukan hanya hadir dari durasi yang panjang, melainkan kesalahan pada posisi duduk saat membaca. Posisi membaca sambil berbaring atau membungkuk terlalu lama adalah posisi yang salah dan dapat membahayakan kesehatan tubuh. Dalam artikel ini, PEXIO akan memberikan informasi mengenai posisi duduk yang benar saat membaca untuk Anda.

Apa Dampak dari Sikap Duduk yang Salah Saat Membaca?

Dampak Sikap duduk yang salah Kebiasaan membaca dengan sikap duduk yang salah secara berulang akan menyebabkan berbagai dampak buruk terutama pada tubuh. Berikut merupakan dampak dari posisi duduk salah yang harus Anda waspadai:

1. Menyebabkan Kelelahan

Menyebabkan Kelelahan Posisi membaca yang tidak benar akan menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah. Dalam menahan postur yang tidak sesuai, tubuh membutuhkan lebih banyak energi dan berkurangnya kapasitas pernafasan. Maka dari itu, banyak orang yang merasa kelelahan setelah duduk dalam waktu yang lama.

2. Menimbulkan Nyeri Punggung

Menimbulkan Nyeri Punggung Membaca adalah kegiatan yang membutuhkan banyak waktu. Menghabiskan waktu dengan posisi tubuh yang salah tentu akan berdampak pada bagian punggung. Posisi duduk yang salah saat membaca akan menimbulkan nyeri hebat pada punggung dan degenerasi sendi. Nyeri ini dapat berlangsung hingga berhari-hari apabila kebiasaan tersebut tetap dilakukan. Baca Juga: Posisi Duduk yang Benar untuk Menjaga Kesehatan Tulang

3. Mengubah Bentuk Tulang Belakang

Mengubah Bentuk Tulang Belakang Duduk dengan posisi membungkuk dapat menyebabkan perubahan pada bentuk tulang belakang. Hal ini dikarenakan tulang belakang menerima tekanan yang lebih besar daripada kemampuannya. Sehingga akan terjadi perubahan kurva tulang belakang dan timbul nyeri yang berkepanjangan.

4. Membuat Mata Lebih Cepat Lelah

Membuat Mata Cepat Lelah Selain pada bagian-bagian tubuh tersebut, membaca dengan posisi duduk yang salah akan menyebabkan mata lelah lebih cepat. Akibatnya, besar kemungkinan terjadi risiko gangguan mata seperti rabun jauh dan sulit untuk berkonsentrasi.

Bagaimana Posisi Duduk yang Benar Saat Membaca?

Posisi Duduk yang Benar Anda kini telah memahami dampak yang disebabkan oleh posisi duduk yang salah. Agar terhindar dari berbagai risiko di atas, perhatikan posisi duduk saat membaca. Berikut merupakan posisi duduk yang benar saat membaca yang harus diterapkan:

1. Duduk dengan Tegak

Posisi Duduk yang Benar Saat Membaca Duduk dengan Tegak Untuk menjaga posisi tulang belakang tetap ideal dan menghindari nyeri punggung, pastikan Anda selalu membaca dalam posisi duduk yang tegak. Mempertahankan posisi tegak akan membantu menghindari timbulnya rasa sakit pada bagian punggung dari atas hingga bawah. Pastikan posisi kaki juga dapat menyentuh lantai dalam keadaan lurus agar membantu memperlancar sirkulasi darah.

2. Menjaga Postur Kepala Tetap Lurus

Posisi Duduk yang Benar saat Membaca dengan Menjaga Postur Kepala Tetap Lurus Penyebab munculnya nyeri pada bagian leher adalah postur kepala yang menunduk selama membaca. Anda harus menjaga postur kepala tetap lurus ke depan untuk menjaga posisi duduk yang benar. Menurut penelitian, posisi menunduk saat membaca dapat menyebabkan permasalahan pada saraf, menimbulkan radang sendi dan nyeri otot, serta cedera pada bagian cakram di leher. Agar tetap pada posisi kepala yang lurus, manfaatkan sandaran kursi yang tinggi saat membaca. Sandaran kepala pada kursi akan membantu menjaga postur kepala saat membaca dalam kondisi yang benar. Baca Juga: Seperti Apa Posisi Duduk Ergonomi yang Membuat Nyaman Ketika Bekerja?

3. Mengatur Jarak Pandang Mata

Mengatur Jarak Pandang Mata Hal yang harus diperhatikan saat membaca selanjutnya adalah jarak pandang mata dengan buku. Pastikan posisi buku berada sejajar dengan posisi kepala yang lurus dan berjarak minimal 25 cm. Anda dapat memanfaatkan meja untuk sandaran siku sehingga buku dapat tetap berada sejajar dengan kepala.

4. Berhenti dan Bergerak Sesekali

Berhenti dan Bergerak Sesekali Pada dasarnya, tubuh dibuat untuk dapat melakukan banyak pergerakan. Membiarkan tubuh diam dalam waktu yang panjang tanpa pergerakan apa pun dapat menyebabkan kelelahan. Maka dari itu, penting untuk mengistirahatkan tubuh dan mata dari posisi duduk saat membaca dan lakukan stretching untuk meregangkan otot. Pada penggunaan ponsel sebagai media membaca dalam waktu yang panjang dapat menyebabkan mata lelah lebih cepat. Istirahatkan mata selama beberapa menit dari layar ponsel agar terhindar dari masalah pada mata seperti mata merah, kering, dan rasa perih. Baca Juga: Kursi Kerja Ergonomis untuk Mencegah Efek Terlalu Lama Duduk

5. Kaki Tidak dalam Posisi Menggantung

Kaki tidak Menggantung Saat membaca, selalu pastikan bahwa kaki tidak dalam posisi menggantung. Letakkan kaki pada lantai dengan sudut 90 derajat atau menggunakan bantuan kursi penyangga untuk membuat posisi kaki yang lurus.

6. Gunakan Kursi Ergonomis

Gunakan Kursi Ergonomis Untuk menjaga posisi duduk yang benar saat membaca dan membantu mengurangi efek buruk yang ditimbulkan saat membaca, gunakan kursi ergonomis. Kursi ergonomis didesain sesuai dengan postur tubuh dan dilengkapi dengan sandaran kepala. Jadi, Anda dapat membaca dengan nyaman dan aman. Kursi ergonomis juga membantu mengurangi tekanan pinggul saat menahan beban tubuh dan meningkatkan kelancaran sirkulasi darah. Sehingga dapat digunakan untuk duduk dalam waktu yang lama tanpa menimbulkan rasa sakit pada bagian-bagian tubuh tertentu. Jadi apakah Anda sudah menerapkan posisi duduk yang benar saat membaca? Tinggalkan kebiasaan membaca sambil berbaring atau membungkuk. Melalui informasi di atas, Anda dapat mulai membenahi posisi membaca menjadi lebih sesuai dan terhindar dari timbulnya penyakit pada tubuh. Apabila masih ragu mengenai posisi duduk yang benar, kursi ergonomis dapat menjadi solusi yang tepat. Tidak hanya untuk membaca, kursi ergonomis juga dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas kerja sebab kenyamanan yang diciptakan membolehkan kursi ini digunakan pada berbagai kegiatan. PEXIO menyediakan berbagai ergonomic furniture dengan kualitas unggulan dan desain menawan yang dapat Anda miliki untuk mewujudkan kegiatan membaca yang sehat dan dengan posisi duduk yang benar. Tunggu apa lagi? Hubungi PEXIO sekarang juga dan dapatkan unit yang Anda impikan! Ergonomic Chair PEXIO

Cart

No more products available for purchase

Your Cart is Empty