This site has limited support for your browser. We recommend switching to Edge, Chrome, Safari, or Firefox.

Posisi Duduk yang Benar untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Duduk adalah salah satu posisi yang dapat merilekskan tubuh. Posisi duduk ini sering kita lakukan ketika hendak melakukan kegiatan seperti makan, belajar, bahkan saat bekerja. Namun, perlu diingat bahwa waktu duduk yang terlalu lama bisa berbahaya bagi kesehatan. Posisi duduk yang benar pun perlu diperhatikan agar dampak yang ditimbulkan bisa dicegah atau diminimalisir.

Apa saja bahaya yang ditimbulkan akibat duduk terlalu lama? Bagaimana posisi duduk yang benar? Kursi seperti apa yang nyaman untuk digunakan? Jika Anda ingin mengetahui jawaban dari semua pertanyaan tersebut, silakan baca informasi selengkapnya di bawah ini.

Apa Bahaya Duduk Terlalu Lama?

Posisi duduk yang terlalu lama biasanya kita alami ketika sedang bekerja di depan laptop atau komputer. Saat menggunakan laptop atau komputer, seringkali kita lupa waktu sehingga bisa menghabiskan durasi yang berjam-jam. Duduk yang terlalu lama ini bisa menyebabkan beberapa masalah pada kesehatan, terutama pada tulang belakang. Duduk dalam waktu terlalu lama dengan posisi yang kurang tepat dapat menyebabkan masalah seperti:
  • kaki menjadi lemas dan kaku,
  • sakit pada punggung dan leher,
  • pinggang terasa pegal,
  • varises,
  • diabetes,
  • penyakit jantung,
  • obesitas bahkan depresi.
Berdasarkan beberapa penelitian, duduk yang terlalu lama juga bisa menyebabkan skoliosis alias kelainan pada tulang belakang yang membengkok. Selain itu, Anda juga bisa terkena low back pain. Baca juga: 5 Gejala Low Back Pain yang Harus Anda Ketahui

Posisi Duduk yang Benar Agar Tidak Sakit Punggung

Berikut ini adalah beberapa tips posisi duduk yang benar agar punggung Anda tidak terasa sakit saat bekerja di depan laptop atau komputer.

1. Topang Punggung dengan Baik

Posisi Duduk yang Benar Topang Punggung dengan Baik Gunakanlah kursi yang dapat menopang punggung Anda dengan baik. Hal tersebut bisa membantu untuk mengurangi gesekan pada tulang belakang, sehingga otot tidak stres dan tubuh menjadi lebih rileks. Apabila kursi yang digunakan tidak memiliki penyangga yang baik untuk menopang punggung, Anda bisa menggunakan alat bantuan seperti bantal kecil atau handuk yang digulung untuk diletakkan di antara kursi dan punggung bagian bawah. Bantal atau handuk dapat mempertahankan posisi tubuh Anda dengan baik sehingga menjadi lebih nyaman. Selain itu, pastikan juga bokong Anda menyentuh bagian belakang kursi.

2. Kaki Menapak ke Lantai

Posisi Duduk yang Benar Kaki Menapak ke Lantai Tips selanjutnya untuk menjaga posisi duduk yang benar adalah mengatur ketinggian pada kursi Anda. Atur ketinggian kursi Anda agar kaki menapak pada lantai dengan sempurna dan pastikan paha bagian bawah tertopang dengan baik oleh kursi. Jika postur tubuh Anda terlalu pendek sehingga kaki tidak bisa menapak dengan sempurna pada lantai, Anda bisa menggunakan footrest atau sandaran kaki tambahan yang terdapat pada meja kerja Anda untuk menopang telapak kaki. Dengan begitu, memungkinkan posisi kaki Anda tetap sejajar dengan lantai. Baca juga: Footrest: Pengertian dan Fungsinya yang Esensial bagi Kesehatan

3. Jangan Menyilangkan Kaki

Posisi Duduk yang Benar Tidak Menyilangkan kaki Saat bekerja, sebaiknya hindari kebiasaan menyilangkan kaki Anda. Pasalnya, menyilangkan kaki dalam waktu yang lama akan menghambat aliran darah sehingga otot menjadi tegang. Selain itu, menyilangkan satu kaki di atas kaki lainnya juga akan memberikan beban pada tulang belakang dan membuat posisi lutut menjadi tidak sejajar dengan pinggul. Akibatnya, pinggul menjadi tidak seimbang dan mengakibatkan nyeri pada punggung bagian bawah.

4. Memperhatikan Posisi Tubuh Bagian Atas

Memperhatikan Posisi Tubuh Bagian Atas Duduk dengan punggung yang lurus tidaklah cukup, Anda juga perlu memperhatikan bagian tubuh ke atas. Pastikan posisi leher dan kepala tetap lurus dan nyaman dengan menurunkan dagu dan menjaga bahu tetap santai.

5. Sesuaikan Ketinggian Monitor Setinggi Mata

Sesuaikan Ketinggian Monitor Setinggi Mata Berikutnya, Anda bisa atur ketinggian monitor atau layar komputer atau laptop Anda setinggi dengan mata. Penempatan monitor yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat membuat mata dan leher Anda terasa kaku dan tegang sehingga tidak nyaman dalam bekerja. Ketinggian monitor atau layar laptop Anda sebaiknya tidak boleh lebih dari 5 cm di atas ketinggian mata Anda. Untuk mendapatkan ketinggian yang pas, Anda bisa menggunakan tumpukan buku atau benda datar lainnya yang digunakan sebagai alas monitor atau layar laptop Anda.

6. Posisikan Keyboard dan Mouse dengan Benar

Posisikan Keyboard dan Mouse dengan Benar dan Pergelangan Tangan tidak Menekuk Selain monitor, keyboard dan mouse juga harus diletakkan dengan benar. Untuk penggunaan keyboard yang nyaman, berikan jarak yang pas antara ujung meja dengan keyboard setidaknya 10-15 cm. Jarak ini akan memberikan cukup ruang bagi tangan Anda saat mengetik, sehingga bahu menjadi lebih rileks dan tidak tegang. Saat menggunakan mouse, pastikan pergelangan tangan Anda lurus dan letaknya berada di permukaan yang sama dengan keyboard. Selain itu, ukuran mouse juga harus disesuaikan dengan ukuran tangan Anda agar lebih nyaman saat digunakan. Baca juga: Berapa Tinggi Ideal Meja Kerja? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Rekomendasi Kursi Kerja yang Nyaman

Kursi yang nyaman digunakan untuk bekerja adalah jenis kursi ergonomis. Berikut ini kami berikan beberapa rekomendasi kursi ergonomis yang bisa memberikan kenyamanan dalam bekerja.

1. Stanley

Kursi Kerja Nyaman Stanley Kursi Stanley merupakan kursi kantor ergonomis yang bisa memberikan kenyamanan maksimal bagi penggunanya. Kursi ini memiliki fitur yang lengkap dan bisa diatur sesuai keinginan mulai dari headrest, backrest, ketinggian dan lain-lain.

2. Hervey

Rekomendasi Kursi Kerja Nyaman Hervey Kursi Hervey cocok bagi Anda yang ingin memiliki kursi kerja dengan desain yang minimalis. Meskipun minimalis, fitur yang ditawarkan seperti handrest dan lumbar support tetap bisa memberikan kenyamanan dalam bekerja.

3. Newman

Kursi Kerja Nyaman Newman Jika Anda menginginkan kursi kerja dengan desain yang klasik dan elegan, kursi Newman adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Aksen kayu yang terdapat pada kursi ini membuatnya terlihat mewah dan keren, sehingga cocok digunakan oleh pimpinan perusahaan.

Perhatikan Posisi Tubuh Anda dengan Menggunakan Kursi Ergonomis

Itulah dia informasi seputar posisi duduk yang benar dan juga rekomendasi kursi yang nyaman untuk bekerja. Guna menjaga kesehatan pada tulang punggung saat bekerja, Anda memang harus menggunakan ergonomic chair yang nyaman dan mudah disesuaikan. Anda bisa mendapatkan ergonomic chair di PEXIO. Produk kursi yang ditawarkan PEXIO memiliki fitur yang lengkap dan bahan yang berkualitas tinggi sehingga cocok bagi Anda yang menginginkan kursi kerja yang nyaman dan tahan lama. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut! Sekian penjelasan terkait posisi duduk yang benar kali ini, semoga informasi yang disampaikan dapat dipahami dengan mudah dan bermanfaat. Ergonomic Chair PEXIO

Cart

No more products available for purchase

Your Cart is Empty