This site has limited support for your browser. We recommend switching to Edge, Chrome, Safari, or Firefox.

7 Manfaat Duduk Tegak yang Perlu Anda Ketahui

Perintah untuk duduk tegak rasanya selalu terdengar. Kata-kata ini khususnya keluar dari mulut orang tua saat melihat Anda mulai duduk membungkuk. Memangnya ada apa dengan cara duduk bungkuk? Mengapa juga harus selalu duduk tegak? Apakah duduk tegak memiliki manfaat? Tenang, tenang. Pada kesempatan kali ini PEXIO akan memberitahukan informasi penting mengenai duduk tegak yang perlu Anda ketahui. PEXIO akan mengajak Anda mengetahui dengan jelas berbagai manfaat duduk tegak sekaligus cara-cara duduk tegak yang benar. Sudah siap belajar? Mari simak informasinya di bawah ini.

Manfaat Duduk Tegak Bagi Kesehatan

Manfaat Duduk tegak bagi kesehatan Duduk tegak nyatanya bukan hanya omelan orang tua belaka. Duduk dengan tegak justru sangat dianjurkan oleh tenaga medis karena bagaimana Anda duduk memengaruhi kesehatan tubuh. Manfaatnya bagi kesehatan dan diri sendiri bisa Anda perhatikan berikut ini.

1. Dapat Bernapas Lebih Baik

Dapat bernafas lebih baik Postur tubuh membungkuk memang sering kali tidak disadari. Saat Anda sedang menulis atau mengetik maka secara otomatis tubuh akan ikut maju ke depan. Hal ini sebenarnya tidak baik untuk sistem pernapasan Anda. Saat Anda tidak duduk tegak maka jalannya oksigen ke berbagai saraf dan organ menjadi terhambat. Tidak percaya? Anda bisa melakukan percobaan pribadi untuk memperhatikan lebih enak bernapas saat duduk tegak atau bungkuk.

2. Mengurangi Sakit Kepala

Mengurangi sakit kepala Postur tubuh yang tegak akan membantu mengurangi rasa sakit kepala yang selalu Anda rasakan. Coba mulai perhatikan bagaimana postur tubuh Anda ketika duduk ataupun berdiri. Mulailah berusaha memperbaikinya supaya rasa sakit kepala Anda bisa berkurang bahkan menghilang.

3. Mengurangi Risiko Cedera

Mengurangi Risiko Cedera Selain sakit kepala, postur tubuh tegak juga akan mengurangi risiko cedera. Cedera diakibatkan karena punggung, pinggang, pundak, dan leher yang terus berada dalam keadaan tegang. Pasalnya cedera bisa saja terjadi tiba-tiba kalau Anda tidak memperbaiki postur tubuh yang salah. Baca juga: 6 Cara Mengatasi Low Back Pain Agar Terbebas dari Nyeri Punggung

4. Menghindari Sakit Punggung dan Pinggang

Menghindari Sakit Punggung dan Pinggang Postur duduk yang tegak juga bisa menghindarkan Anda dari sakit punggung dan pinggang yang fatal. Pernahkah Anda merasakan nyeri ketika membungkuk atau saat berubah posisi dari berdiri ke posisi duduk? Nyeri ini sudah menjadi pertanda bahwa ada yang tidak beres dengan bagian pinggang dan punggung Anda. Cobalah terus mengingatkan diri sendiri untuk duduk tegak apa pun kondisinya supaya sakit di punggung dan pinggang menghilang. Baca Juga: Inilah Posisi Duduk Yang Benar Saat Membaca

5. Meningkatkan Produktivitas

Meningkatkan Produktivitas Postur tubuh yang baik dapat meningkatkan produktivitas Anda ketika sedang beraktivitas. Hal ini dapat terjadi karena tubuh Anda rileks, serta tidak terjadi sakit apa-apa yang membuat fokus buyar. Tidak dapat dimungkiri bahwa sering kali yang membuat Anda tidak bisa berkonsentrasi adalah rasa sakit di pinggang, dan bagian tubuh lainnya yang sangat mengganggu. Itu sebabnya sangat penting untuk tetap duduk dalam postur tubuh yang tegak sepanjang waktu.

6. Membuat Anda Lebih Semangat

Membuat Anda Lebih Semangat Manfaat selanjutnya dari duduk tegak ialah dapat membuat Anda lebih bersemangat menjalani berbagai aktivitas seharian. Tidak percaya? Pernahkah Anda merasa malas lalu pada saat yang membungkukkan tubuh? Postur tubuh tersebut akan membuat Anda merasakan makin malas mengerjakan berbagai macam aktivitas. Hal ini berbeda saat Anda tetap berusaha memiliki postur tubuh tegak meskipun sedang malas. Pasti Anda tetap akan mengerjakannya karena masih ada semangat yang bisa dirasakan. Jadi postur duduk tegak benar-benar bisa membuat Anda jauh lebih bersemangat menjalani aktivitas yang ada.

7. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Meningkatkan Percaya Diri Terakhir, Anda bisa merasakan kepercayaan diri yang lebih besar saat duduk dengan tegak. Ada pernyataan yang mengatakan bahwa “Postur tubuh kita mencerminkan emosi serta pemikiran yang ada di dalam”. Itu berarti saat Anda berusaha tegak maka emosi dan pikiran berada dalam kondisi yang baik serta positif. Tetapi posisi duduk bungkuk sering diartikan kalau Anda merasa takut dan tidak berani melakukan apa pun. Baca juga: Inilah Posisi Duduk yang Benar Saat Menulis

Bagaimana Cara Duduk Tegak yang Benar?

Bagaimana Cara Duduk Tegak yang Benar Duduk dengan tegak termasuk sulit untuk dijadikan kebiasaan. Kebanyakan orang hanya membiarkannya saja karena merasa tidak akan ada dampak negatif yang diakibatkan. Hanya sedikit orang yang mulai sadar dan berusaha untuk mengubah postur duduk mereka. Padahal jika dibiarkan untuk jangka waktu yang sangat lama, kondisi kesehatan tubuh mereka bisa terganggu. Oleh karena itu sangat penting untuk mencoba dan berusaha duduk dengan tegak. Berikut cara duduk tegak yang benar.

1. Postur Tubuh Membentuk 135 Derajat

Postur Tubuh Membentuk 135 Derajat

Postur tubuh yang tegak bukan membentuk sudut 90 derajat, melainkan 135 derajat. Sudut ini membuat tubuh Anda lebih santai untuk bersandar ke belakang. Hal ini juga akan membuat bagian-bagian tubuh yang tegang atau kaku menjadi lebih rileks.

2. Pastikan Kaki Menyentuh Lantai

Pastikan Kaki Menyentuh Lantai Untuk mendapatkan postur tubuh yang tegak ternyata membutuhkan kaki untuk berada di lantai, atau setidaknya tidak melayang. Sering kali tubuh Anda secara otomatis maju untuk membuat kaki menyentuh lantai. Itu berarti pemilihan kursi untuk duduk dalam waktu lama juga perlu diperhatikan ketinggiannya. Jika ternyata kursi cukup tinggi maka Anda bisa menempatkan footrest agar kaki bisa bersandar sepenuhnya. Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Kursi yang Nyaman untuk Duduk Lama

3. Posisi Lutut Sejajar dengan Pinggul

Posisi Lutut Sejajar Dengan Pinggul Postur duduk tegak yang benar seharusnya akan membuat posisi lutut Anda sejajar dengan pinggul. Coba perhatikan lagi ketika Anda duduk, pastikan posisi lutut sudah sejajar dengan pinggul supaya tidak ada rasa sakit di punggung dan pinggang.

4. Ambil Waktu Untuk Berjalan

Ambil Waktu Untuk Berjalan Ketika sudah terlalu lama duduk di depan laptop atau komputer, ada baiknya untuk mengambil waktu istirahat beberapa menit. Istirahat ini dilakukan untuk memberikan peregangan kepada tubuh dengan cara berjalan-jalan. Itu dia berbagai manfaat duduk tegak yang harus Anda ketahui. Jika selama ini postur tubuh Anda tidak baik maka segeralah sadar dan memperbaikinya. Jangan sampai Anda harus merasakan sakit yang parah baru tersadar untuk menjaga postur tubuh yang baik. Selain itu jangan lupakan bahwa pemilihan kursi untuk duduk juga harus dipilih baik-baik. Pilihlah kursi yang memang dirancang khusus untuk menopang postur tubuh Anda dengan baik, seperti kursi ergonomis. Kursi ergonomis sudah dikenal dapat menopang tubuh manusia dengan baik karena memang dirancang sedemikian rupa untuk tujuan tersebut. Anda bisa membeli kursi ergonomis di PEXIO yang sudah terjamin kualitas dan kenyamanannya. Tidak hanya kursi, PEXIO juga memiliki berbagai ergonomic furniture yang siap Anda gunakan untuk memperbaiki postur tubuh. Beberapa ergonomic furniture yang disediakan PEXIO seperti kursi LUXIO dan kursi Russel. Keduanya memiliki fitur terbaik untuk membantu Anda menjaga postur tubuh selama bekerja. Bahkan terdapat footrest untuk memastikan kaki Anda tidak melayang di atas lantai. Langsung saja pesan ergonomic furniture terbaik untuk kenyamanan selama bekerja. Silakan hubungi Tim PEXIO apabila Anda memiliki pertanyaan atau ingin berkonsultasi seputar produk ergonomis yang paling tepat. Semoga informasi di artikel ini bermanfaat dan membuka pikiran Anda untuk menjaga postur tubuh yang baik. Ergonomic Chair PEXIO

Cart

No more products available for purchase

Your Cart is Empty