This site has limited support for your browser. We recommend switching to Edge, Chrome, Safari, or Firefox.

Bagaimana Penataan Meja Kerja yang Baik saat WFH?

Anda mungkin bertanya, bagaimana penataan meja kerja yang baik tanpa harus menumpuk barang yang dibutuhkan di atas meja? sebab produktivitas saat bekerja di kantor maupun working from home (WFH) ditunjang oleh penataan meja yang rapi dan tidak berantakan.

Penataan Meja Kerja yang Baik Ilustrasi Penataan Meja Kerja dengan baik
Akan tetapi, ekspektasi tersebut tidak sejalan dengan realita, lantaran printilan yang dibutuhkan harus ada di atas meja. Hampir setiap hari dalam seminggu Anda harus berhadapan dengan meja kerja.

Apakah Tampilan Meja Kerja Mempengaruhi Mood dan Produktivitas Kerja?

Tampilan meja kerja dapat memengaruhi mood selama bekerja. Jika tampilannya berantakan, sudah pasti motivasi untuk bekerja turun drastis. Anda pun tidak betah berlama-lama saat bekerja dan akhirnya produktivitas pun terganggu. Satu-satunya solusi untuk masalah ini adalah penataan meja kerja yang baik. Tidak bisa dipungkiri, meja kerja yang apik dan rapi membuat kita menjadikan space tersebut sebagai kamar kedua. Semangat kerja pun meningkat dan Anda mampu memberikan performa terbaik selama menyelesaikan pekerjaan. Siapa yang tidak menginginkan hal cemerlang tersebut? Mulailah membangkitkan semangat kerja Anda dengan menata meja kerja di waktu luang. Apa saja tips menata meja yang bisa ditiru?

12 Cara Menata Meja Kerja yang Baik agar Rapi dan Produktif

Berikut ini cara menata meja kerja yang baik agar tampil teratur dan lebih produktif:

1. Gunakan Sticky Notes secara Efisien

Gunakan Sticky Notes di Meja Kerja Tips pertama penataan meja kerja yang baik yaitu menggunakan sticky notes secara efisien. Terlalu banyak sticky notes bisa membuat Anda stres mengingat banyaknya agenda yang harus dikerjakan. Solusinya, pasanglah sticky notes yang terkait pekerjaan Anda saja. Tulis sticky notes berisi tugas atau agenda dikerjakan dalam seminggu. Jika ada kegiatan yang harus dilakukan dalam jangka panjang, simpan dulu dalam HP. Barulah Anda pindahkan pengingat tersebut ke sticky notes sesuai deadline-nya. Baca juga: 6 Cara Menata Meja Kerja di Kantor agar Semakin Apik

2. Kurangi Dekorasi di Meja

Kurangi Dekorasi di Meja Kerja Cara berikutnya yang dapat Anda ikuti yaitu membatasi dekorasi meja kerja. Workspace idealnya membantu Anda agar fokus dalam bekerja, jadi kurangi dekorasi yang mengandung sentuhan personal. Foto keluarga, suvenir, miniatur, dan lain-lain jangan ditumpuk di atas meja karena bisa menyebabkan distraksi. Batasi jumlah miniaturnya karena meja kerja Anda pun butuh space untuk printilan kantor.

3. Batasi Penggunaan Kertas

Batasi Penggunaan Kertas Meski pekerjaan kantor sudah beralih ke zaman serba digital, masih banyak orang yang mengandalkan kertas saat bekerja. Kita pun sering menggunakan kertas untuk bekerja, seperti kalendar, memo pad, to-do-list, dan lain-lain. Bermigrasilah ke mode digital demi mengurangi tampilan meja kerja yang berantakan. Kabar bagusnya, smartphone dilengkapi fitur alarm untuk mengingat seluruh agenda pekerjaan kita. Baca juga: 11 Pilihan Tanaman Air Hias Meja untuk Hidupkan Suasana

4. Pilah Peralatan yang Dibutuhkan

Pilah Peralatan yang Dibutuhkan Tidak semua printilan Anda butuhkan untuk bekerja, jadi pilih peralatan kerja yang benar-benar digunakan pada waktu tertentu. Anda bisa menyimpan barang-barang tersebut di laci dan mengambilnya kembali saat dibutuhkan. Anda pun tidak akan pusing saat mencari barang tersebut di meja. Anda juga perlu meletakkan air putih di meja kerja Anda agar tetap terhidrasi dan tidak cepat lelah. Meja AMBY dari Pexio memiliki space yang cukup luas untuk menampung semua peralatan kerja Anda. Namun, tetap pilih barang yang harus ada di atas meja kerja demi menghindari distraksi.

5. Taruh Barang Penting di Area Meja Tertentu

Taruh Barang Penting di Area Meja Tertentu Cara menata meja kerja perlu dilakukan agar kerja lebih produktif yang selanjutnya adalah hanya menaruh barang penting di atas meja. Misalnya, Anda membutuhkan charger laptop, buku agenda, dan alat tulis selama bekerja. Anda bisa menempatkannya di sebelah kanan meja agar lebih mudah diakses. Kalau Anda mudah terdistraksi oleh smartphone, taruhlah di belakang laptop agar pikiran tidak teralihkan. Baca juga: 7 Rekomendasi Kursi Kerja Terbaik yang Aman untuk Tubuh

6. Sisakan Space Kosong

Sisakan Space Kosong di Meja Kerja Space kosong ini berguna untuk makan saat waktu istirahat atau menaruh barang penting lainnya. Anda tidak akan repot menyisakan tempat lantaran space kosong ini sudah disiapkan untuk peralatan yang bersifat mendadak, seperti obat-obatan. Saat ada kolega atau rekan kerja yang memberikan hadiah, Anda bisa menaruhnya dulu di space ini.

7. Gunakan Space di Bawah Meja

Gunakan Space di Bawah Meja Tong sampah bisa ditaruh di kolong meja sehingga Anda bisa membuang sampah tanpa harus berjalan. Selain itu, ruang ini bisa digunakan untuk menyimpan benda yang kurang dibutuhkan. Tetap jaga kondisi space ini agar tidak sumpek dan mengganggu pergerakan kaki Anda. Baca Juga: 7 Jenis Kursi Kantor dan Fungsinya

8. Menata Meja Kerja dengan Mengubah Posisi

Menata Meja Kerja dengan Mengubah Posisi Posisi meja kerja dapat Anda ubah agar lebih nyaman. Jika saat ini meja kerja Anda menghadap atau berada di dekat jendela, segeralah ubah posisinya karena cahaya matahari dapat langsung masuk ke layar monitor Anda. Hal ini akan membuat silau dan menyebabkan mata lelah dan kering. Masalah kesehatan di atas dapat menurunkan kinerja Anda, kan? Jadi, tata ulang posisi meja kerja Anda sekarang.

9. Memperhatikan Ketinggian Meja Kerja

Perhatikan Ketinggian Meja Kerja Penggunaan meja kerja yang sesuai standar tentu dapat membuat Anda lebih nyaman saat bekerja. Tinggi meja kerja yang kurang ideal memengaruhi posisi duduk Anda. Akibatnya, kaki, pinggang, hingga pergelangan tangan pun tertekan hingga kerap terasa nyeri. Masalah ini berdampak besar pada penurunan produktivitas Anda selama bekerja. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang standar ketinggian meja kerja pada artikel berikut ini "Berapa Tinggi Ideal Meja Kerja yang Harus Saya Miliki?".

10. Tambahkan Tanaman Hias

Tanaman Hias Meja Kerja Cara menata meja kerja yang baik selanjutnya adalah dengan menambahan tanaman hias. Jangan salah, tanaman hias ternyata memiliki banyak manfaat lho. Selain memiliki nilai estetika, tanaman hias juga dapat menambah fokus dan konsentrasi dalam bekerja. Jadi, Anda dapat menambahkan tanaman hias di atas meja kerja Anda. Baca juga: Manfaat Tanaman Hias: Kenali Manfaat Memilikinya di Rumah Anda

11. Gunakan Warna yang Harmonis

Meja dengan Warna Harmonis Warna diyakini bisa memengaruhi suasana hati, perasaan, emosi, bahkan produktivitas. Apabila saat ini Anda merasa kebingungan memilih warna sebagai tema meja kerja, maka warna putih adalah pilihan yang tepat. Hal ini karena warnanya netral serta membuat suasana di meja kerja lebih nyaman. Anda juga dapat memadukan aksesoris di atas meja Anda dengan warna serupa. Selain itu, agar lebih semangat coba gunakan warna merah atau warna hijau untuk menghasilkan inspirasi atau energi yang lebih postif.

12. Bersihkan Meja secara Rutin

Bersihkan Meja Kerja secara Rutin Sama seperti meja kantor, meja kerja di rumah perlu Anda bersihkan secara rutin. Jadi, tips paling penting mengenai bagaimana penataan meja kerja yang baik adalah membersihkannya secara rutin. Buang semua pengingat yang tidak diperlukan dan lap permukaan meja agar bebas dari debu. Kebersihan meja kerja pun berdampak besar pada kesehatan dan produktivitas kerja Anda. Baca Juga: 4 Macam Interior Kantor yang Wajib Dimiliki Lengkapi meja kerja dengan ergonomic chair yang menopang kesehatan tulang punggung Anda. Pexio memiliki koleksi kursi ergonomis yang mengutamakan kenyamanan selama bekerja. Dapatkan kursi ergonomis impian untuk menunjang produktivitas di situs jual beli favorit Anda.

Cart

No more products available for purchase

Your Cart is Empty