This site has limited support for your browser. We recommend switching to Edge, Chrome, Safari, or Firefox.

Jenis-Jenis Tata Ruang Kantor yang Perlu Anda Ketahui

Apa saja jenis-jenis tata ruang kantor yang bisa digunakan? Anda perlu menyadari bahwa tata ruang kantor tidak bisa dianggap enteng. Saat penataan ruangan tidak dilakukan dengan baik maka potensi kekacauan dalam perusahaan sangat besar. Jika keadaan ini dibiarkan terlalu lama maka pada akhirnya perusahaan dapat stagnan bahkan bangkrut. Sebesar itulah dampak dari penataan ruangan yang baik. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menata setiap furniture kantor sesuai dengan posisi yang seharusnya. Kalau begitu mari simak jenis-jenis penataan kantor yang bisa Anda aplikasikan.

Pengertian Tata Ruang Kantor

Pengertian Tata Ruang Kantor

Tata ruang kantor mengacu kepada pengaturan berbagai barang yang ada dalam ruang kantor, seperti furniture dan berbagai peralatannya. Pengaturan ini tidak dilakukan sembarangan tetapi mempertimbangkan berbagai aspek penting untuk meningkatkan produktivitas para karyawan. Kemungkinan besar Anda akan bertanya. “Memangnya ada aspek penting apa saja yang harus dipertimbangkan?”. Setidaknya ada 7 aspek yang harus dipertimbangkan dengan baik, yaitu:
  • Pencahayaan
  • Fungsionalitas
  • Udara
  • Alur kerja
  • Suara
  • Aksesibilitas
  • Efisiensi
Baca juga: 10 Manfaat Tata Ruang Kantor yang Penting bagi Produktivitas Kerja

Jenis-Jenis Tata Ruang Kantor

Bingung bagaimana melakukan penataan kantor berdasarkan aspek-aspek penting yang dijelaskan sebelumnya? Tenang saja! Anda tidak perlu khawatir karena PEXIO telah menyiapkan lima jenis penataan ruang kantor yang bisa dicoba.

1. Ruang Terbuka

Ruang Terbuka Penataan ruang kantor yang terbuka umumnya paling sering digunakan untuk area kantor yang kecil. Penataan seperti ini akan membuat ruangan terasa lebih luas dan lega. Jenis tata ruang seperti ini juga banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan start-up yang sedang berkembang. Namun tidak menutup kemungkinan apabila perusahaan lainnya yang bukan start-up ingin menggunakan jenis penataan terbuka. Memang apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan jenis tata ruang yang satu ini?

Kelebihan

Kelebihan dari penataan ruang terbuka ada beberapa macam yaitu:
  • Penataan ruang terbuka ini sangat mudah diaplikasikan.
  • Cocok untuk area kantor yang besar maupun kecil.
  • Biaya yang dikeluarkan tidak besar.
  • Komunikasi menjadi lebih efektif dan efisien.
  • Seluruh karyawan dapat bersosialisasi satu sama lain.

Kekurangan

Kekurangan dari jenis tata ruang terbuka ialah:
  • Privasi untuk setiap karyawan tidak tersedia layaknya jenis cubicle.
  • Dapat menurunkan produktivitas beberapa karyawan yang membutuhkan fokus tinggi.
Baca juga: Desain Meja Kerja Kantor Minimalis dengan Penataan yang Baik

2. Ruang Gabungan

Ruang Gabungan Jenis tata ruang gabungan juga tidak kalah dari jenis yang sebelumnya. Penataan ruang gabungan juga banyak digunakan pada berbagai perusahaan start-up dan modern. Jenis penataan seperti ini bahkan digunakan oleh beberapa perusahaan teknologi besar seperti Google dan Facebook. Karakteristik jenis tata ruang ini terlihat pada paduan desain ruangan tertutup dan terbuka. Setiap karyawan dapat memilih tempat kerjanya sendiri sesuai keinginan dan kebutuhan. Sebelum memilih jenis tata ruang gabungan, Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Kelebihan

Berikut beberapa kelebihan tata ruang gabungan:
  • Setiap karyawan tidak akan bosan dengan suasana kantor.
  • Setiap karyawan bebas menentukan tempat kerjanya sesuai dengan kebutuhan.
  • Suasana kantor menjadi lebih hidup dan segar.
  • Meningkatkan kepuasan dan produktivitas kerja karyawan.

Kekurangan

Beberapa kekurangan dari tata ruang gabungan ialah sebagai berikut:
  • Tidak ada denah kantor yang jelas.
  • Lebih mungkin diterapkan pada area kantor yang luas.
  • Mengeluarkan lebih banyak biaya untuk furniture dan perawatan.

3. Ruang Landscape Modern

Ruang Landscape Modern Jenis tata ruang landscape modern menonjolkan desain interiornya yang unik. Penataan ruangan seperti ini sangat bagus untuk meningkatkan suasana nyaman dan segar selama bekerja. Akan lebih baik apabila ruangan kantor menggunakan kaca jendela yang besar agar ruangan terasa lebih cerah dan luas. Desainnya juga tidak terpaku pada konsep terbuka atau tertutup. Karakteristiknya terlihat pada ruangan landscape yang menarik. Jenis penataan landscape modern ini tentu juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Coba perhatikan kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Kelebihan

Beberapa kelebihan tata ruang landscape modern ialah sebagai berikut:
  • Menumbuhkan kreativitas baru bagi para karyawan.
  • Suasana kerja tidak suntuk.
  • Lingkungan kerja menjadi lebih menarik dan menyenangkan.
  • Meningkatkan relasi baik yang terjalin antara sesama karyawan dan divisi.

Kekurangan

Berikut beberapa kekurangan tata ruang landscape modern yang perlu Anda ketahui:
  • Membutuhkan area yang cukup luas.
  • Biaya pengaplikasian dan pemeliharaannya besar.
  • Tidak adanya privasi antara karyawan maupun divisi.
  • Sulit untuk fokus saat mengerjakan tugas yang sulit.
Baca juga: Ergonomi Perkantoran: Panduan Lengkap untuk Lebih Produktif

4. Ruang Cubicle

Ruang Cubicle Jenis ruang cubicle seharusnya sudah tidak asing lagi. Banyak perusahaan menerapkan penataan ruangan seperti ini supaya setiap karyawan dapat bekerja dengan maksimal. Karakteristik dari tata ruang cubicle terlihat dari adanya sekat-sekat yang memisahkan setiap karyawan Adapun jenis tata ruang cubicle memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus Anda pertimbangkan. Baca juga: 7 Gambar Tata Ruang Kantor Tertutup yang Nyaman

Kelebihan

Berikut beberapa kelebihan jenis tata ruang cubicle:
  • Setiap karyawan memiliki privasi.
  • Karyawan akan lebih fokus.
  • Perlakuan semua karyawan sama.
  • Karyawan dapat mengatur suasana ruang kerja mereka sendiri di dalam cubicle.

Kekurangan

Beberapa kekurangan yang ada dalam tata ruang cubicle yaitu:
  • Ruangan kantor akan terasa dan terlihat lebih sempit.
  • Komunikasi antara karyawan tidak lancar dan efektif.
  • Suasana kantor menjadi tegang dan dapat menimbulkan stres berlebihan.

5. Co-working Space

Jenis-Jenis Tata Ruang Kantor Ruang Co-Working Spaces Jenis tata ruang co-working space hampir sama dengan jenis gabungan dan landscape modern. Hanya saja co-working space memiliki interior yang lebih unik dan kreatif. Penggunaannya tentu menghidupkan suasana kantor. Ada berbagai furniture menarik yang bisa digunakan oleh seluruh karyawan. Semua tempat kerja juga bisa digunakan sesuai kebutuhan dan mood karyawan. Pemakaian warna dan furniture yang menarik menjadi kunci utama dalam tata ruang co-working space. Jenis tata ruang ini umumnya banyak disediakan. Anda jadi tidak perlu pusing untuk melakukan renovasi ulang. Melakukan sewa co-working space bisa menjadi pilihan yang praktis. Namun tidak menutup kemungkinan jika Anda ingin membangunnya di area kerja milik perusahaan. Jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pahami.

Kelebihan

Berikut beberapa kelebihan tata ruang co-working space:
  • Aksesibilitas dan mobilitas karyawan tinggi.
  • Terdapat berbagai area kerja yang dapat digunakan sesuai kebutuhan.
  • Tidak perlu pusing dengan berbagai fasilitas kebutuhan kantor (kalau menyewa co-working space).
  • Lingkungan kerja terasa nyaman dan lebih hidup.
  • Komunikasi antara karyawan makin menguat.

Kekurangan

Berikut beberapa kekurangan dari jenis co-working space:
  • Privasi setiap karyawan kecil. Bahkan makin kecil apabila Anda memutuskan untuk melakukan sewa.
  • Keamanan saat Anda menyewa tidak terjamin.
  • Membutuhkan biaya yang besar untuk melakukan renovasi atau menyewa tempat.
Baca juga: Ukuran Meja Kantor Standar untuk Menghiasi Ruang Kerja Anda

Kesimpulan

Itu dia jenis-jenis tata ruang kantor yang perlu Anda ketahui. Jenis tata ruang seperti apa yang Anda pilih? Apa pun jenis penataannya, jangan lupa untuk tetap menggunakan furniture terbaik agar produktivitas kerja karyawan tidak menurun. Jika Anda sedang mencari perusahaan yang menjual furniture ergonomis untuk kantor maka PEXIO dapat menjadi salah satu kandidat. PEXIO menyediakan berbagai furniture ergonomis yang cocok untuk Anda gunakan. Berbagai tipe dan fitur bisa Anda sesuaikan dengan budget yang tersedia. Anda tidak perlu ragu karena seluruh meja dan kursi ergonomis yang diproduksi PEXIO hanya menggunakan kualitas terbaik di kelasnya. Contohnya seperti kursi BRIGHTON dan meja AMBY yang dibuat dengan kualitas premium untuk memastikan kenyamanan karyawan saat bekerja. PEXIO memiliki lebih banyak tipe furniture ergonomis yang bisa Anda pilih. Jika Anda kebingungan memilih yang mana, langsung saja hubungi tim PEXIO untuk berkonsultasi mengenai furniture yang tepat. Tunggu apalagi? Mari tingkatkan produktivitas kerja bersama PEXIO sekarang! Ergonomic Chair PEXIO

Cart

No more products available for purchase

Your Cart is Empty