Situs ini memiliki dukungan terbatas untuk browser Anda. Kami menyarankan untuk beralih ke Edge, Chrome, Safari, atau Firefox.

6 Cara Memilih Kursi Kerja yang Sehat Agar Produktif

Bekerja dalam posisi duduk yang tepat akan membuat Anda semakin produktif, sekaligus menjaga kesehatan tubuh Anda. Apabila kursi yang digunakan tidak memiliki fitur-fitur yang tepat, kemungkinan besar akan ada kesehatan tubuh yang terganggu. Anda bisa mengalami nyeri punggung, leher, lengan bahkan kaki. Selain itu, yang paling berbahaya adalah ketika postur tubuh Anda berubah menjadi tidak normal sebagaimana seharusnya. Oleh karena itu Anda membutuhkan kursi kerja yang sehat selama bekerja. Pada artikel ini PEXIO akan memberi tahu Anda cara memilih kursi yang tepat, tips meningkatkan postur tubuh saat duduk, dan rekomendasi kursi kerja yang sehat yang dapat Anda gunakan. Langsung simak penjelasannya di bawah ini.

6 Cara Memilih Kursi Kerja yang Sehat

Kursi yang tepat untuk digunakan dalam bekerja adalah kursi ergonomis, di mana desain kursi ini sudah dirancang khusus untuk memperhatikan kenyamanan, postur tubuh dan juga kesehatan para pekerja. Jika Anda sedang melakukan pengawasan kursi yang tepat untuk dipakai bekerja, sebaiknya perhatikan beberapa kriteria di bawah ini.

1. Memiliki Sandaran Punggung Sesuai Postur Tubuh

Memiliki Sandaran Punggung Sesuai Postur Tubuh Kursi kerja yang sehat akan membantu menopang punggung Anda, sehingga beban yang ditanggung oleh tulang punggung tidak besar. Pilih kursi yang memiliki sandaran dengan bentuk melengkung mengikuti postur tubuh Anda. Jika cadangan memiliki fitur pengaturan yang dapat disesuaikan, maka bekerja akan menjadi lebih nyaman. Saat ini sudah banyak kursi yang memiliki sandaran yang sesuai dengan postur tubuh, bahkan bisa miring ke belakang untuk membuat tubuh rileks saat sedang beristirahat. Baca juga: 8 Manfaat Ergonomi yang Besar untuk Furniture Ruang Kerja

2. Memiliki Sandaran Tangan dan Kepala yang Bisa Diatur

Kursi Kerja yang Sehat Memiliki Sandaran Tangan dan Kepala yang Bisa Diatur Cara memilih kursi kerja yang sehat berikutnya yaitu kursi kerja dengan kriteria terdapat sandaran tangan dan kepala yang mudah diatur. Pilihlah kursi yang memiliki sandaran tangan dan kepala yang bisa diatur sendiri. Sandaran kepala dan tangan adalah elemen penting dalam kursi kerja, agar bahu serta lengan Anda tidak tegang. Jika semua bagian tubuh, tentu saja produktivitas kerja Anda semakin meningkat, bukan? Oleh karena itu penting untuk memilih kursi yang memiliki sandaran kepala dan tangan yang dapat disesuaikan .

3. Memiliki Bantalan Duduk yang Sesuai

Memiliki Bantalan Duduk yang Sesuai Bantalan duduk dengan desain yang sesuai juga penting untuk diperhatikan. Anda perlu memilih bantalan yang bisa menopang bagian bawah tubuh dengan baik, sehingga pekerjaan bisa dilakukan dengan baik. Posisi duduk yang tepat dan nyaman pada dasarnya akan membantu seluruh bagian tubuh lain agar tidak tegang saat bekerja. Baca juga: 10 Alasan Mengapa Kursi Ergonomis Sangat Penting Di Kantor

4. Memiliki Ketinggian yang Sesuai dengan Meja Kerja

Kursi Kerja yang Sehat Ketinggian yang Sesuai dengan Meja Kerja Anda juga perlu memperhatikan ketinggian kursi dan meja kerja sebagai salah satu cara memilih kursi kerja yang sehat. Sesuaikan ketinggian keduanya agar postur tubuh Anda tidak terlalu bungkuk atau pun dongak. Tinggi kursi yang tepat adalah saat telapak kaki Anda dapat menyentuh lantai dengan rata (tanpa berjinjit). Apabila kursi memiliki fitur untuk menaikkan dan menurunkan ketinggian, maka kursi tersebut sudah sangat baik untuk dipilih.

5. Memiliki Roda Kursi

Kriteria Kursi Kerja Ergonomis Memiliki Roda Roda pada kursi sebenarnya terdengar lazim dan tidak istimewa, karena saat ini kursi yang tidak sesuai untuk bekerja juga dilengkapi dengan roda. Tetapi Anda perlu memperhatikan roda dari kursi yang akan dipilih, sekaligus keadaan lantai tempat bekerja. Jika lantai licin, Anda bisa memilih kursi dengan roda yang terbuat dari karet. Jika lantai dilapisi oleh karpet, roda yang kokoh bisa jadi pilihan yang tepat.

6. Kualitas Bahan

Kualitas Bahan yang Baik Cara memilih kursi yang terakhir adalah dengan memperhatikan kualitas bahannya. Pada prinsipnya material kursi yang tepat akan menentukan kenyamanan dan kesehatan saat bekerja. Inilah alasannya kursi di meja makan tidak boleh Anda gunakan untuk bekerja. Material kursi kerja pada umumnya berbahan halus sehingga nyaman diduduki selama bekerja. Pastikan ada bantalan empuk di area kursi dan sandarannya agar semakin beta saat bekerja. Biasanya kursi kantor yang sehat memiliki masa garansi seperti produk kursi ergonomis dari Pexio. Setelah memahami tips untuk memilih kursi kerja yang sehat, Anda juga harus mengetahui cara untuk memperbaiki postur tubuh saat duduk agar Anda dapat terhindar dari masalah kesehatan seperti low back pain .

6 Tips Mengatur Posisi Tubuh Saat Duduk

Yuk coba tips memperbaiki postur tubuh dengan cara ergonomis ini untuk menghindari sakit leher dan punggung saat duduk.

1. Kepala dalam posisi netral

Kepala dalam posisi netral Tips yang pertama yaitu cobalah duduk dengan kepala dalam posisi netral dengan menjaga telinga tepat di atas bahu. Manfaat dari postur ini adalah dapat mengurangi ketegangan pada leher karena membiarkan kepala Anda tetap seimbang secara alami di tulang belakang leher.

2. Hindari memegang kepala

Hindari memegang kepala Hal yang diperhatikan selanjutnya adalah jangan memegang kepala Anda, apalagi dalam posisi miring dalam jangka waktu yang lama. Saat bekerja di depan komputer, Anda harus melihat lurus ke depan, mata Anda harus sejajar dengan saluran bagian atas monitor. Baca juga: Kursi Kerja Ergonomis: Pengertian, Manfaat, dan Kriterianya

3. Kaki menapak di lantai

Kaki menapak di lantai Pastikan pula kaki Anda rata di lantai. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan tekanan pada pinggul dan tulang belakang Anda. Upayakan agar lutut Anda sejajar dengan pinggul. Jika kaki Anda tidak dapat mencapai lantai dengan nyaman, maka gunakanlah pijakan kaki ( pijakan kaki).

4. Istirahatkan lengan

Istirahatkan lengan Mengistirahatkan lengan dengan nyaman di sisi tubuh sambil menekuk siku antara 75 dan 90 derajat adalah tips selanjutnya. Agar bahu Anda merasa rileks, jangan mengendurkan pergelangan tangan Anda, usahakan agar tetap lurus. Oleh karena itu pilihlah kursi kantor dengan sandaran tangan.

5. Beristirahat sejenak

Beristirahat sejenak Hal yang tidak kalah pentingnya untuk meningkatkan kualitas kerja Anda dalam posisi duduk yaitu beristirahat. Ingatlah untuk berhenti sejenak, sekali atau dua kali dalam satu jam. Hal ini harus Anda lakukan walaupun Anda menggunakan postur duduk yang benar. Duduk dalam waktu lama tidak baik untuk tubuh. Jadi, berkeinginan untuk berdiri dan bergerak.

6. Memilih kursi kerja yang sesuai

Pilih Kursi Kerja yang Sesuai untuk Kesehatan Tips yang terkahir untuk memperbaiki postur tubuh Anda saat bekerja yaitu memilih kursi kerja yang sesuai. Pilih kursi yang cocok untuk Anda. Sangat penting memastikan bagian-bagian kursi yang dipilih dapat memberikan penyangga atau sandaran punggung bagian bawah, berada pada ketinggian yang tepat, dan terasa nyaman. Anda dapat mempelajari lebih detail cara memilih kursi kerja yang nyaman pada pembahasan sebelumnya.

Rekomendasi Kursi Kerja yang Sehat

1.Kursi Oslo

Kursi Kursi Kerja yang Sehat Oslo Pilihan yang pertama jatuh di kusi Oslo, dengan kusi ini Anda dapat mendapatkan posisi duduk yang dinamis karena terdapat pengatur ketinggian untuk sandaran kepala. Terdapat sandaran punggung yang dapat menopang tulang punggung dan sandaran tangan yang presisi sesuai dengan ketinggian meja kerja untuk kenyamanan karena posisinya dapat diatur (Naik dan turun, pad ke depan dan belakang serta serong kanan dan kiri). Selain itu, kursi Oslo telah dilengkapi dengan mekanis compatile yang berfungsi membuat anda nyaman karena dapat mengunci saat berada pada posisi bersandar. Kaki kursi terbuat dari nilonterbaik bahkan dilengkapi dengan roda nilon bersertifikat . Salah satu keunggulan lain dari kursi ini yaitu dilengkapi dengan pijakan kaki tambahan agar Anda dapat beristirahat dengan nyaman. Tidak perlu khawatir akan kualitasnya, karena nyatanya kursi ini telah dilengkapi dengan garansi selama 2 tahun.

2. Kursi Maksimum

Kursi Kerja yang Sehat Maxim Kursi ini memiliki sandaran punggung 2D yang dapat menopang tulang punggung Anda dan dapat di adjust naik turun dan maju mundur pada bagian penyangga pinggang . Bagian lumbal support sudah dilapisi dengan busa empuk sehingga empuk saat di duduki. Tidak ketinggalan sandaran tangan yang dimiliki sangat presisi dan dapat sesuai dengan ketinggian meja kerja. Maxim juga telah dilengkapi dengan mekanisme paddle shift yang semakin membuat Anda nyaman karena dapat mengunci saat berada pada posisi bersandar. Fitur tersebut dapat di akses dari kendali sandaran tangan . Sama seperti kursi lainnya di PEXIO, Maxim juga telah dilengkapi Gas lift class 4 terbaik yang membuat kursi seimbang secara sempurna.

3. Kursi Brighton

Kursi Kerja yang Sehat Brighton Kursi Brighton memiliki berbagai keunggulan seperti fitur geser yang dapat membantu punggung Anda lebih rileks saat beristirahat. Desain aluminium pada kursi ini dirancang secara estetika sehingga menambah keindahan ruang kerja Anda. Selain itu, sandaran tangannya sendiri bisa diatur empat dimensi yakni naik dan turun, ke depan dan belakang serta samping bahkan menyerong. Menariknya, fitur mekanis pengunci pada kursi ini dapat dioperasikan hanya dengan satu jari saja, sangat mudah! Punggung Anda pasti akan sangat nyaman karena bahan yang digunakan adalah mesh, ditambah kursi BRIGHTON yang dirancang khusus untuk pemakaian heavy duty. Kursi kerja ini tersedia dalam 2 pilihan warna yaitu hitam dan abu-abu.

Kesimpulan

Semua kriteria kursi kerja yang sehat seperti di atas bisa Anda temukan di PEXIO. PEXIO memiliki deretan produk kursi ergonomis yang siap membantu Anda menjaga kesehatan dalam bekerja. Salah satu rekomendasi kursi ergonomis yang bisa dipilih adalah BRIGHTON . Kursi satu ini memakai Alumunium Alloy Support yang akan menopang tulang punggung Anda dengan baik. Alas dudukan dari kursi ini juga bisa dibuat maju atau mundur sesuai kebutuhan. Informasi lebih lengkap bisa Anda temukan di website PEXIO . Spanduk Kursi Ergonomis PEXIO

Keranjang

Tidak ada lagi produk yang tersedia untuk dibeli

Keranjang Anda kosong