Baru saja membuka kantor baru untuk menambah jumlah karyawan dalam waktu dekat? Masih bingung furnitur apa saja yang harus ditempatkan di dalam ruangan? Untuk dapat memilih furnitur yang tepat, Anda perlu mengetahui jenis-jenis furnitur kantor terlebih dahulu.
Pada kesempatan kali ini PEXIO akan mengajak Anda untuk mengenali berbagai jenis furnitur kantor sekaligus tips memilihnya dengan baik. Tanpa panjang lebar lagi mari simak informasinya di bawah ini.
Dari namanya sudah jelas bahwa perabot kantor adalah barang atau benda yang berhubungan dengan kantor serta berfungsi menunjang operasional suatu perusahaan. Keberadaan barang-barang tersebut sangat penting karena memiliki dampak yang cukup besar bagi kinerja karyawan.
Sebenarnya tidak ada yang baru saat menyebutkan perabot kantor. Anda pasti sudah mengetahui beberapa perabot yang harus ada di dalam ruangan kantor. Contohnya seperti meja dan kursi ergonomis, lemari penyimpanan, printer , dan masih banyak lagi. Supaya tidak ada perabot kantor penting yang terlewatkan, coba perhatikan penjelasan pada poin berikutnya.
Baca juga: Sejarah Ergonomi dalam Dunia Furnitur yang Perlu Anda Ketahui
Jadi apa saja jenis perabot kantor yang penting dan harus ada di ruang kantor? Perabot apa saja yang dapat menunjang kinerja para karyawan selama bekerja? Setidaknya ada 12 perabot yang sangat dibutuhkan agar operasional perusahaan dapat berjalan lancar. Berikut masing-masing penjelasannya.
Perangkat komputer sudah pasti menjadi perabot yang harus dimiliki dalam ruang kantor. Tetapi tidak harus selalu komputer, Anda bisa memilih laptop yang berukuran lebih kecil serta dapat dengan mudah dibawa ke mana saja.
Penyediaan perangkat komputer atau laptop ini tidak perlu banyak karena umumnya setiap karyawan yang bekerja sudah memilikinya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan perusahaan.
Baca juga: 8 Rekomendasi Kursi Komputer Nyaman Terbaik (Terbaru 2022)
Meja dan kursi karyawan juga menjadi perabot yang harus dimiliki dalam ruang kantor. Anda bisa memilih berbagai desain meja dan kursi sesuai kebutuhan. Misalnya, Anda bisa memilih desain meja panjang yang memiliki kapasitas 8-10 orang.
Penggunaan meja seperti ini tentu akan menghemat biaya tetapi tidak mengurangi fungsi saat digunakan. Atau Anda juga bisa memilih meja dengan bilik untuk memberikan privasi lebih kepada setiap karyawan.
Perangkat internet seperti modem penting untuk memberikan jaringan internet yang dibutuhkan oleh semua karyawan. Anda perlu menyediakan beberapa modem agar setiap karyawan yang tersebar di seluruh ruangan dapat menggunakan internet untuk bekerja.
Lemari arsip merupakan laci penyimpanan yang umum digunakan untuk menyimpan berkas atau dokumen secara terorganisasi dan rapi. Lemari arsip ini terdiri dari 3-8 laci yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.
Baca juga: 6 Macam-Macam Furniture dan Cara Memilihnya
Berbeda dengan lemari arsip , lemari penyimpanan digunakan untuk menyimpan berbagai barang seperti peta besar dan alat-alat kantor lainnya. Jenis perabot kantor yang satu ini juga sering digunakan untuk menyimpan inventaris kantor. Contohnya kertas HVS, perangkat elektronik, dan lain sebagainya.
Sama seperti namanya, mesin fotokopi berfungsi untuk mengopi berbagai dokumen yang perlu dibagikan kepada banyak karyawan. Anda bisa membeli mesin khusus untuk fotokopi ataupun yang memiliki fungsi lainnya seperti print dan scan .
Mesin absensi sesungguhnya tidak wajib dimiliki. Pentingnya mesin absensi akan bergantung pada sistem yang perusahaan Anda gunakan.
Pasalnya penggunaan mesin absensi sudah mulai jarang karena ada berbagai aplikasi untuk memudahkan sistem absensi. Tetapi kemungkinan besar tidak akan menutup bagi perusahaan Anda untuk tetap menggunakannya. Jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan perusahaan.
Baca juga: Bagaimana Tata Letak Meja Kantor yang Tepat dan Bikin Betah?
Papan kemajuan umumnya lebih dikenal sebagai papan tulis yang digunakan untuk mengurai strategi, menampilkan kemajuan pekerjaan, hingga memberikan informasi untuk karyawan. Kemajuan penggunaan papan juga tergantung kebutuhan masing-masing perusahaan.
Membeli mesin fotokopi yang bisa mencetak dokumen baru sekaligus mengkondisikan tentu sangat efisien. Tetapi mesin printer dan scanner tetap perlu dimiliki. Secara khusus penempatannya berada di ruang tertentu yang memang membutuhkan printer dan scanner .
Mesin penghancur kertas berfungsi untuk menghancurkan kertas menjadi ukuran kecil agar informasi penting yang tertulis tidak tersebar ke masyarakat. Meskipun hanya untuk menghancurkan kertas tetapi tetap saja alat ini sangat penting untuk dimiliki.
Baca juga: 4 Keuntungan Tata Ruang Kantor Terbuka
Proyektor akan berguna saat ingin menampilkan presentasi atau saat ada acara di perusahaan. Anda tidak perlu membeli proyektor dalam jumlah besar. Cukup 1-3 proyektor karena tidak setiap hari alat ini digunakan. Penggunaannya juga bisa bergantian dengan berbagai divisi, sehingga jumlah kepemilikan proyektor yang kecil sudah cukup baik.
Jika Anda mengusung konsep tata ruang kantor terbuka maka setidaknya ruang-ruang untuk rapat perlu disediakan. Dalam ruang rapat tersebut tentu saja ada meja bundar atau persegi panjang yang bisa digunakan 5-10 orang sekaligus.
Baca juga: 4 Fungsi Meja Kantor dan Cara Memilihnya dengan Tepat
Kini Anda sudah mengetahui apa saja jenis-jenis perabot kantor yang umumnya tersedia di kantor. Selanjutnya PEXIO akan memberitahukan tips-tips praktis untuk memilihnya dengan benar dan tepat. Berikut 4 tips sederhana untuk memilihnya.
Apa Itu Perabot Kantor?

Jenis-Jenis Perabot Kantor

1. Perangkat Komputer

2. Meja dan Kursi Karyawan

3. Perangkat Internet

4. Lemari Arsip

5. Lemari Penyimpanan

6. Mesin Fotokopi

7. Mesin Absensi

8. Kemajuan Papan

9. Pemindai Printer Sekaligus

10. Penghancur Kertas

11. Proyektor

12. Meja dan Kursi untuk Rapat

Tips Memilih Perabot Kantor

1. Ergonomi
Perabotan yang dipilih untuk bekerja tentu harus bisa memberikan kenyamanan agar konsentrasi karyawan dapat tetap terjaga untuk waktu yang lama. Itu berarti Anda harus memilih furnitur yang ergonomis. Perabot ergonomis mengacu pada furnitur yang dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan dengan menopang bentuk tubuh secara sempurna. Penggunaan furniture ergonomis secara khusus dapat mengurangi nyeri punggung, pinggang, dan bahu akibat duduk terlalu lama. Jika semua nyeri menghilang maka kinerja karyawan pasti menjadi lebih maksimal. Baca juga: 8 Manfaat Ergonomi yang Besar untuk Furniture Ruang Kerja2. Multifungsi
Perabot yang multifungsi tentu akan lebih efisien. Penggunaannya juga bisa dimaksimalkan sesuai kebutuhan operasional perusahaan. Produk multifungsi seperti ini akan sangat menghemat biaya pengeluaran. Contohnya seperti mesin fotokopi yang juga bisa digunakan untuk print dan scan .3. Berkualitas
Perabot yang Anda pilih sudah pasti harus berkualitas. Kualitasnya sangat penting agar Anda tidak perlu melakukan pembelian furnitur secara berkala. Makin bagus kualitas perabot yang dibeli, makin awet juga penggunaannya. Sangat penting untuk mencari tahu terlebih dahulu bahan material yang digunakan untuk membuat furnitur tersebut sebelum melakukan pembelian.4. Sesuai Anggaran
Terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah memilih perabot kantor sesuai dengan budget . Memilih furnitur kantor yang berkualitas tentu baik tetapi jangan sampai keadaan keuangan perusahaan membengkak hanya untuk membeli furnitur. Itu dia berbagai jenis perabot kantor yang diperlukan untuk menunjang aktivitas kerja. Semoga Anda jadi bisa memilih perabot kantor yang berkualitas tetapi juga sesuai dengan budget perusahaan. Sebenarnya Anda tidak perlu pusing mencari furnitur untuk kantor, ada PEXIO yang menyediakan deretan furnitur ergonomis berkualitas dengan harga yang bersahabat. Anda bisa memilih berdasarkan fitur dan kebutuhan, kemudian sesuaikan dengan budget yang telah disiapkan. Segera hubungi tim PEXIO jika Anda memerlukan konsultasi lanjutan untuk memilih furnitur ergonomis yang tepat. Kunjungi juga website PEXIO untuk memilih furnitur yang Anda butuhkan.