This site has limited support for your browser. We recommend switching to Edge, Chrome, Safari, or Firefox.

Sebenarnya Berapa Ukuran Meja Makan sesuai Standar Ergonomis?

Tahukah Anda bahwa menggunakan peralatan ergonomis dalam berbagai aktivitas sangat penting? Jadi bukan hanya ketika Anda bekerja atau belajar saja peralatan ergonomis dibutuhkan. Faktanya meja dan kursi untuk makan pun perlu disesuaikan dengan suatu standar ergonomis. Pertanyaan selanjutnya “Berapa ukuran meja makan sekaligus kursi yang ergonomis?” Jika Anda sekaligus berencana untuk mengganti meja makan di rumah maka artikel ini memiliki informasi yang dibutuhkan. Anda tidak hanya akan diajak mengetahui ukuran standar meja dan kursi yang ergonomis tetapi juga melihat manfaatnya. Semoga informasi ini membuat Anda memahami lebih jauh mengapa sangat penting untuk menggunakan meja serta kursi yang ergonomis. Sudah siap belajar? Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Manfaat Meja Makan Ergonomis

Manfaat Meja Makan Ergonomis Sebelum mengenali manfaatnya, Anda perlu tahu apa arti sebenarnya dari ergonomis itu sendiri. Istilah satu ini mengacu kepada proses mendesain atau mengatur berbagai tempat kerja, sistem, dan produk sehingga penggunaannya dapat meningkatkan kualitas hidup si pengguna. Sederhananya, semua peralatan ergonomis didesain dengan tujuan penggunaan yang nyaman tanpa mengakibatkan rasa nyeri atau sakit berlebihan. Sama seperti produk lainnya, meja makan ergonomis juga dirancang khusus untuk menyesuaikan tubuh manusia. Jadi desain tersebut akan menopang postur tubuh supaya tidak cedera ketika sedang makan. Sekilas pasti terdengar konyol, “Bagaimana bisa hanya duduk makan membuat cedera?”. Pertanyaan tersebut sangat wajar di tanyakan, namun memang sangat mungkin terjadi cedera apabila posisi duduk Anda tidak benar. Itu sebabnya manfaat dari meja makan ergonomis ialah menjaga postur tubuh seperti yang seharusnya sehingga tidak ada punggung kaku, pundak tegang, dan lain sebagainya. Meski hanya duduk untuk makan sesaat, tetapi jika posisi duduk yang salah terus dilakukan dalam waktu yang panjang maka cedera pasti akan terjadi. Baca juga: 3 Tujuan Ergonomi yang Paling Utama

Mengenal Ukuran Meja Makan Ergonomis

Mengenal Ukuran Meja Makan Ergonomis Ketika akan membeli suatu meja yang tepat untuk menyesuaikan bentuk tubuh, Anda perlu memperhatikan ukuran-ukuran berikut:
  • Jarak tanah ke tabletop setidaknya harus sepanjang 70 cm - 75 cm.
  • Tinggi dudukan kursi ke tanah berkisar antara 45 cm - 50 cm.
  • Jarak antara dudukan kursi ke tabletop setidaknya memiliki panjang 25 cm.

Inspirasi Desain Meja Makan Ergonomis

Inspirasi Desain Meja Makan Ergonomis Sebenarnya tidak sulit mencari meja makan yang sudah sesuai dengan standar ergonomis. Di pasaran sudah terjual berbagai meja makan ergonomis yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan keinginan. Beberapa contoh desainnya bisa Anda lihat seperti di bawah ini.

1. Meja Makan Persegi Panjang dari Kayu Natural

Meja Makan Persegi Panjang dari Kayu Natural Pertama-tama ada desain meja makan persegi panjang yang terbuat dari bahan kayu natural. Tekstur kayu yang alami menghadirkan keunikannya tersendiri yang menawan. Anda juga tidak memerlukan dekorasi tambahan untuk membuat meja makan lebih estetis. Perpaduan warna alami dari kayu dengan kursi abu-abu sudah sangat enak dipandang oleh mata.

2. Meja Makan Tekstur Kayu dengan Kursi Putih

Meja Makan Tekstur Kayu dengan Kursi Putih Jika menginginkan tekstur kayu yang lebih nyata, Anda bisa memilih desain meja makan satu ini. Memang terkesan seperti belum jadi karena adanya tekstur kayu yang tidak sejajar. Tetapi tentu sangat estetis. Desain meja seperti ini sangat cocok untuk tema rumah yang sederhana, minimalis, tidak banyak menggunakan warna-warna cerah. Anda bahkan juga bisa menaruhnya di luar ruangan.

3. Meja Makan Simpel yang Elegan

Meja Makan Simpel yang Elegan Jika Anda berpikir bahwa meja makan dengan tekstur kayu hanya cocok untuk tema monokrom saja, tentu ini adalah pemikiran yang keliru. Jika terlihat dari gambar di atas, penggunaan meja makan kayu dengan tema abu-abu dan pink juga sangat tepat. Meski terlihat sangat sederhana hanya tabletop lalu kaki-kaki meja berwarna hitam, keduanya memberikan sentuhan elegan ke dalam ruangan. Baca juga: 10 Desain Meja Makan Minimalis Kekinian

4. Meja Makan Putih untuk Rumah Minimalis Meja Makan Putih untuk Rumah Minimalis

Apakah Anda tertarik dengan meja makan berwarna putih? Coba perhatikan desain meja satu ini. Penggunaan meja berwarna putih dengan kombinasi putihnya seluruh ruangan hingga furniture tidak akan membuat rumah Anda terlihat soulless atau membosankan.

5. Meja Makan Luar Ruangan

Meja Makan Luar Ruangan Siapa bilang meja makan hanya boleh berada di dalam ruangan? Menaruh meja makan di luar juga bisa menjadi pilihan tepat. Makan dan berbincang menghabiskan waktu di luar ruangan tidak kalah menyenangkan. Bahkan sangat segar dengan hembusan angin yang bertiup pelan. Apakah Anda tertarik mencobanya?

6. Meja Makan dengan Kursi yang Unik

Meja Makan dengan Kursi yang Unik Desain meja makan yang dijual di pasaran saat ini memang tidak banyak yang unik atau mencolok. Hampir semua desain memberikan kesan netral yang sederhana seperti meja makan satu ini. Namun tidak perlu khawatir terlihat monoton. Anda bisa menambahkan kesan unik dengan kursi-kursi menarik. Tentunya jangan lupakan ukuran tinggi dari standar ergonomis supaya duduk saat makan menjadi sangat nyaman. Baca juga: Mengenal Ukuran Meja Makan 6 Kursi yang Menarik

7. Meja Makan Rustic

Meja Makan Rustic Masih membutuhkan desain meja lainnya? Bagaimana dengan meja makan rustic satu ini? Anda bisa mendekorasinya dengan kain renda, lilin, bunga kering, dan yang lainnya untuk membuat suasana lebih hidup.

8. Meja Makan Desain Rantai yang Unik

Meja Makan Desain Rantai yang Unik Kalau Anda membutuhkan sentuhan unik di meja makan, ada baiknya mencoba desain satu ini. Tabletop-nya memang terlihat biasa dengan tekstur keramik berwarna hijau, tetapi coba lihat bagian kaki-kaki mejanya. Anda akan melihat desain rantai tidak biasa yang anti mainstream. Sangat unik, bukan?

9. Meja Makan Bulat dengan Kaca Transparan

Meja Makan Bulat dengan Kaca Transparan Kalau sebelumnya banyak desain meja makan berbentuk persegi panjang, Anda sebenarnya bisa juga memilih yang bentuknya bulat. Meja bulat transparan akan cocok digunakan bagi pasangan yang baru saja menikah dan berkeluarga. Baca juga: 8 Cara Menata Meja Makan yang Baik dan Menarik Jadi sekarang Anda sudah mengenal ukuran meja makan sesuai standar ergonomis, bukan? Ketika memilih meja, pastikan Anda memperhatikan setiap aspek ketinggiannya dengan baik. Pilih juga desain meja makan yang paling cocok untuk rumah Anda agar pemakaiannya bisa untuk waktu yang lama. Tentunya pemilihan furniture ergonomis bukan hanya untuk meja makan. Anda bisa memilih untuk seluruh furniture yang ada di rumah supaya penggunaannya nyaman dan membuat postur tubuh tetap terjaga. Sebagai contoh, ada Sofa Multifungsi Alice dari PEXIO yang sudah dirancang khusus untuk membuat nyaman anggota keluarga. Tidak hanya sebagai sofa, Anda bisa mengubah living room furniture satu ini menjadi tempat tidur serta ruang penyimpanan tambahan. Bagaimana? Apakah Anda tertarik? Lakukan pemesanan dengan menghubungi tim PEXIO sekarang!

Cart

No more products available for purchase

Your Cart is Empty