This site has limited support for your browser. We recommend switching to Edge, Chrome, Safari, or Firefox.

8 Penyebab Low Back Pain dan Cara mengatasinya

Sering nyeri di punggung bawah ketika bekerja? Bingung mengapa hal ini terus terjadi? Anda tentu perlu mencari tahu penyebab low back pain supaya bisa mengatasi akarnya dengan benar. Low back pain atau nyeri punggung bawah memang menjadi musuh utama bagi para pekerja, khususnya pekerjaan yang membutuhkan seseorang duduk atau bungkuk dalam waktu lama. Apakah Anda salah satunya? Jika benar maka tidak heran kalau punggung bawah Anda terasa sangat sakit. Rasa sakitnya tidak boleh Anda biarkan begitu saja. Pada tahap awal, nyeri punggungnya kemungkinan besar hanya muncul sebentar. Tetapi saat Anda biarkan dalam waktu yang cukup lama maka nyeri punggung bisa sangat mengganggu aktivitas. Jika telanjur parah maka Anda bisa kesulitan untuk berjalan, duduk, bahkan tiduran. Itu sebabnya nyeri yang Anda rasakan tidak boleh diabaikan. Kenali berbagai penyebab dan cara mengatasinya di bawah ini supaya punggung Anda terselamatkan.

Penyebab Low Back Pain

Apa Penyebab Low Back Pain Low back pain secara umum dialami oleh orang-orang muda yang berusia 30 tahun ke atas. Tetapi tidak menutup kemungkinan orang-orang berusia 30 tahun ke bawah juga mengalaminya. Apalagi dengan adanya pandemi yang memaksa semua orang melakukan aktivitas dari rumah, risiko terkena low back pain pasti menjadi lebih tinggi. Dari anak-anak sampai orang tua, semuanya beraktivitas berjam-jam di depan laptop dengan posisi duduk yang sama. Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Penelitian pada tahun 2020 di Arab Saudi membuktikan adanya peningkatan orang-orang yang terkena low back pain. Angka persentasenya tercatat naik dari 38,8% menjadi 43,8%. Baca juga: 5 Gejala Low Back Pain yang Harus Anda Ketahui Jadi mengapa seseorang bisa sampai terkena low back pain? Apa saja yang bisa menyebabkan nyeri punggung satu ini muncul?

1. Ketegangan dan Keseleo

Ketegangan dan keseleo di bagian punggung sangat sering terjadi. Hal ini dapat menjadi salah satu penyebab low back pain. Ketika Anda salah duduk atau mengangkat beban yang sangat berat dalam waktu lama maka tulang punggung akan menerima tekanan yang sangat besar. Seiring berjalannya waktu tekanan tersebut akan membuat otot, ligamen, atau tendon menjadi cedera.

2. Adanya Tulang yang Patah

Nyeri punggung yang Anda rasakan secara berkepanjangan juga bisa diakibatkan dari kecelakaan pada masa lampau. Pernahkah Anda melakukan operasi secara khusus di bagian punggung belakang? Hal ini tentu bisa menjadi penyebab mengapa punggung Anda terasa sakit. Kecelakaan seperti tabrakan atau jatuh dalam posisi punggung menghantam lantai akan menimbulkan risiko tulang patah atau bergeser.

3. Masalah Disk atau Cakram

Disk atau cakram merupakan salah satu bagian yang terletak di antara ruas tulang belakang. Disk ini berfungsi menjadi bantalan atau peredam kejut yang terjadi di antara ruas-ruas tulang. Keberadaan bantalan tulang rawan ini tentu sangat penting. Ketika Anda beraktivitas maka bantalan ini yang akan menjaga setiap tulang agar tidak bersentuhan secara langsung. Tetapi seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia seseorang, cakram tersebut bisa menonjol keluar dan menekan saraf tulang belakang. Akhirnya saraf Anda akan terjepit dan mengakibatkan rasa nyeri punggung yang luar biasa.

4. Struktur Tulang Belakang yang Bermasalah

Rasa nyeri yang Anda rasakan juga bisa berasal dari struktur tulang belakang yang sudah bermasalah. Seharusnya struktur tulang punggung yang normal tidak akan menekan tulang, bantalan, atau saraf apa pun. Tetapi struktur yang tidak normal akan membuat saraf terjepit serta ruang untuk sumsum tulang belakang menjadi menyempit. Hal-hal inilah yang akan mengakibatkan nyeri punggung yang luar biasa.

5. Postur yang Salah

Jangan bernapas lega dahulu kalau Anda tidak memiliki masalah struktur tulang yang buruk sejak lahir. Anda tetap perlu memperhatikan postur tubuh saat duduk, berdiri atau melakukan aktivitas lainnya. Masalahnya postur tubuh yang salah juga akan membuat struktur tulang menjadi tidak normal lalu berakibat fatal bagi punggung. Ketika Anda sering membungkukkan badan atau mengangkat beban berat secara terus-menerus maka sakit punggung bisa terjadi. Baca juga: Inilah Posisi Dan Sikap Duduk yang Benar dan Sehat

6. Terlalu Keras Melakukan Olahraga

Berolahraga memang penting dilakukan, tetapi jangan sampai Anda terlalu keras melakukannya. Jika Anda jarang berolahraga maka ada baiknya untuk tidak melakukan gerakan ekstrem. Lakukanlah peregangan terlebih dahulu supaya otot-otot tidak tegang dan kaget.

7. Membawa Tas dengan Cara yang Keliru

Saat bepergian, tas tentu menjadi aksesoris yang wajib dibawa. Bukan hanya untuk melengkapi tampilan tetapi juga membawa barang-barang yang dibutuhkan. Namun sering kali cara Anda menggunakan tas tersebut yang menjadi penyebab nyeri punggung. Contohnya seperti menggunakan tas selempang yang hanya memberikan tekanan pada salah satu pundak. Hal seperti ini sangat berbahaya dilakukan karena beban hanya ditanggung oleh satu sisi saja. Nantinya postur tubuh Anda bisa berisiko miring sebelah. Lebih jauh bahkan tulang punggung Anda bisa nyeri akibat postur yang salah.

8. Tidak Menggunakan Produk Ergonomis

Penyebab low back pain terakhir yaitu bekerja namun tidak menggunakan produk ergonomis. Bekerja sehari-hari memang dapat membuat postur tubuh menjadi lebih buruk. Permasalahan ini sebenarnya sudah disadari oleh banyak orang sehingga diciptakanlah produk-produk ergonomis. Produk ergonomis mengacu kepada barang atau alat yang dirancang khusus untuk menopang tubuh. Contohnya seperti meja dan kursi ergonomis yang didesain untuk memberikan kenyamanan bagi para pekerja. Menggunakan produk ergonomis inilah yang akan membantu Anda menjaga seluruh postur dengan menopangnya sesuai lekukan tubuh manusia. Jika Anda tidak menggunakan produk ergonomis maka wajar saja nyeri punggung dapat dirasakan. Baca juga: 7 Penerapan Ergonomi di Tempat Kerja dan Manfaatnya

Cara Mengatasi Low Back Pain

Inilah Cara Mengatasi Low Back Pain Bagaimana? Apakah Anda sering melakukan beberapa tindakan yang sudah dijelaskan di atas? Kalau iya maka tidak heran apabila nyeri punggung sering muncul. Anda perlu menyadari dan belajar bagaimana melakukan aktivitas dengan baik serta tidak menyakiti tulang punggung. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi nyeri punggung atau low back pain.

1. Pakai Produk Ergonomis

Gunakan produk ergonomis yang membantu Anda mengurangi tekanan pada seluruh bagian tubuh. Mulailah membeli kursi atau meja ergonomis untuk membantu menopang struktur tulang. Sebagai contoh, Anda bisa melihat deretan produk ergonomis dari PEXIO. PEXIO memiliki beberapa koleksi meja dan kursi ergonomis seperti Meja AMBY, Kursi BRADLEY, Kursi HERVEY, dan Kursi MARLO.

2. Lakukan Peregangan Secara Teratur

Bekerja setiap hari dari pagi sampai sore tentu membuat tubuh Anda kelelahan. Pundak, leher sampai punggung bisa terasa nyeri dan sakit. Oleh karena itu Anda perlu melakukan peregangan secara teratur. Setelah duduk berjam-jam, cobalah untuk berdiri lalu berjalan-jalan selama 15 menit. Selain membuat otot-otot tubuh rileks, pikiran Anda juga dapat beristirahat sejenak. Nantinya pekerjaan bisa dilanjutkan dengan lebih produktif dan efisien. Itu dia berbagai penyebab low back pain yang sering dialami oleh banyak orang. Sadari bahwa low back pain bukanlah sakit yang bisa diremehkan atau diabaikan. Segera lakukan tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan. Cobalah beralih menggunakan produk-produk ergonomis yang dapat membantu mengurangi tekanan dan beban tulang-tulang Anda ketika bekerja seharian. Pesan ergonomic chair dan ergonomic desk berkualitas hanya di PEXIO sekarang juga! Jika Anda memiliki pertanyaan seputar produk ergonomis, langsung saja hubungi tim PEXIO. Tim PEXIO akan berusaha membantu Anda menemukan produk terbaik yang dibutuhkan.

Cart

No more products available for purchase

Your Cart is Empty