This site has limited support for your browser. We recommend switching to Edge, Chrome, Safari, or Firefox.

7 Cara Menata Meja Makan Sederhana Agar Terlihat Mewah

Menata meja makan menjadi hal penting yang perlu dilakukan, supaya Anda makin menikmati hidangan yang disajikan. Cara menata meja makan sederhana supaya terlihat mewah bisa didapatkan dengan memberikan aksen warna yang senada, misalnya kursi dan taplak meja yang Anda pilih berwarna putih. Selain itu, Anda bisa menambahkan beberapa dekorasi, seperti bunga sintetis dengan pilihan warna yang berbeda dengan meja dan kursi. Supaya mendapat gambaran, berikut ini beberapa rekomendasi menata meja makan sederhana yang dapat Anda jadikan referensi.

7 Cara Menata Meja Makan Sederhana

Cara Menata Meja Makan Sederhana agar Terlihat Mewah Meja makan di rumah Anda tidak cukup hanya terlihat rapi, tetapi perlu ditata ulang menjadi lebih menarik. Apalagi Anda sering mengundang teman dan kerabat untuk makan bersama. Pasalnya, meja makan yang menarik memengaruhi tampilan rumah Anda. Bagaimana cara menata meja makan sederhana menjadi lebih menarik dan terlihat mewah? Anda bisa mengikuti rekomendasi di bawah ini.

1. Tentukan Tema Acara

Tentukan Tema Acara Supaya proses menata meja makan menjadi lebih mudah, hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu menentukan tema acara. Apakah acara untuk pernikahan, perayaan ulang tahun, natal, atau sekadar berkumpul bersama keluarga. Misalnya, Anda ingin merayakan natal bersama keluarga. Maka Anda bisa mendekorasi meja makan dengan didominasi warna merah dan hijau. Sebagai contoh, gunakan taplak meja berwarna putih, lalu tambahkan dekorasi lilin dan vas bunga supaya terlihat lebih elegan. Baca juga: Inilah Desain Ruang Keluarga Menyatu dengan Ruang Makan

2. Pilih Perlengkapan Makan yang Tepat

Pilih Perlengkapan Makan yang Tepat Hal penting lainnya dalam menata meja makan yaitu memilih peralatan makan dan minum yang tepat. Selain warna, desain dan bahan yang digunakan juga bisa memengaruhi keseluruhan tampilan meja makan Anda. Anda bisa memilih peralatan makan sesuai dengan hidangan yang disajikan. Misalnya, Anda menyajikan steak sebagai hidangan utama, maka Anda perlu menyiapkan satu set alat makan pisau dan garpu. Lain halnya apabila makanan yang disajikan adalah sop, tentunya sendok menjadi peralatan makan utama yang wajib ada.

3. Aplikasikan Warna yang Senada

Aplikasikan Warna yang Senada Untuk menciptakan suasana meja makan yang mewah, Anda bisa mengaplikasikan beberapa warna yang senada. Sebagai contoh, Anda bisa memadukan warna pastel dengan menggunakan piring berwarna krem, serbet biru muda, taplak berwarna hijau pastel, dan alat makan berwarna emas atau perak. Selain itu, padukan juga peralatan makan dengan dekorasi yang senada dan sesuai dengan tema. Misalnya, Anda menambahkan vas bunga berwarna merah muda untuk mendukung tema warna pastel. Lengkapi juga meja makan tersebut dengan tisu yang menggunakan wadah berwarna pastel. Baca juga: 11 Pilihan Tanaman Air Hias Meja untuk Hidupkan Suasana

4. Memahami Pedoman dalam Penataan Meja Makan

Memahami Pedoman dalam Penataan Meja Makan Untuk tampilan meja makan sederhana, Anda bisa meletakkan gelas air minum di sisi kanan piring. Untuk standarnya, jumlah gelas terdiri dari dua buah, yaitu gelas air putih dan gelas untuk minuman yang berwarna dan berasa. Namun, untuk menghadirkan kesan meja makan yang mewah, setidaknya Anda perlu memahami pedoman dalam melakukan table setting. Secara garis besar, berikut langkah-langkahnya.
  • Menyiapkan peralatan makan dalam keadaan bersih dan siap untuk digunakan.
  • Memasang moulton dan taplak meja makan.
  • Meletakkan aksesoris meja makan dengan ketentuan vas bunga diletakkan di tengah meja sebagai patokan untuk meletakkan aksesoris lainnya.
  • Letakkan piring di sisi meja makan dengan jarak 2 cm dari tepi meja.
  • Kemudian letakkan peralatan makan mulai dari pisau dan garpu. Untuk pisau berada di sisi kanan piring dan bagian mata pisau menghadap ke dalam. Sementara itu, garpu bisa Anda letakkan di sebelah kiri piring sejajar dengan pisau.
  • Selalu letakkan garpu di sisi kiri, kecuali garpu tersebut tidak memiliki pasangan, seperti shrimp fork, oyster fork, dan seafood fork yang biasa digunakan untuk menikmati hidangan appetizer.
  • Terakhir, letakkan guest napkin di atas piring.

5. Menambahkan Hiasan atau Dekorasi di Meja Makan

Menambahkan Hiasan atau Dekorasi di Meja Makan Untuk tampilan meja makan yang menarik dan terlihat mewah, Anda bisa menambahkan hiasan atau dekorasi berupa bunga. Tujuannya supaya suasana makan terasa lebih hangat dan nyaman, terlebih ketika Anda makan bersama pasangan. Anda bisa menambahkan bunga asli maupun sintetis. Jika menggunakan bunga asli, pilih bunga yang segar tanpa aroma menyengat, supaya wewangian dari bunga tidak memengaruhi wangi makanan yang disajikan.

6. Menambahkan Kartu Ucapan

Menambahkan Kartu Ucapan Cara menata meja makan sederhana dengan menambahkan kartu ucapan sebenarnya tidak wajib. Namun, untuk menghadirkan kesan mewah dan elegan, hal ini perlu Anda pertimbangkan. Selain kartu ucapan, Anda bisa menambahkan dekorasi kecil lainnya seperti sedotan cantik dengan tag, dan mengikat beberapa mangkuk dengan pita. Hiasan ini sekilas terlihat sederhana, tetapi bisa memberikan kesan mewah untuk meja makan yang sederhana. Baca juga: Cara Menata Meja Belajar Agar Menarik dan Semangat Belajar

7. Mempertimbangkan Tamu yang Akan Menghadiri Acara

Mempertimbangkan Tamu yang Akan Menghadiri Acara Untuk memilih tema, warna, dan dekorasi meja makan sebenarnya bisa disesuaikan dengan tamu yang hendak menghadiri acara. Apabila yang hadir adalah rekan bisnis, maka kesan meja makan harus terlihat rapi dan elegan. Jika yang hadir merupakan keluarga dan kerabat dekat, Anda bisa menciptakan suasana yang lebih hangat dengan menambahkan dekorasi lilin pada bagian tengah meja makan. Pastikan meja makan dalam keadaan rapi dan menarik, supaya tamu yang datang bisa menikmati makanan dengan nyaman. Apakah Anda sudah mendapat gambaran cara menata meja makan sederhana supaya terlihat lebih mewah? Menata meja makan sebenarnya tidak terbatas karena akan ada tamu yang berkunjung. Akan lebih baik jika Anda menata meja makan tersebut setiap hari. Tentunya supaya meja makan Anda terlihat rapi serta tampilan rumah Anda juga menjadi lebih menarik. Selain itu, Anda bisa menata meja makan yang disesuaikan dengan tema rumah. Anda bisa melakukan konsultasi dengan PEXIO, mengenai bagaimana cara menata meja makan dengan tepat. PEXIO adalah perusahaan penyedia ergonomic furniture, living room furniture, dan interior ruangan dengan kualitas premium. Hubungi PEXIO sekarang juga untuk solusi interior rumah Anda.

Cart

No more products available for purchase

Your Cart is Empty