This site has limited support for your browser. We recommend switching to Edge, Chrome, Safari, or Firefox.

Cara Menata Meja Belajar Agar Menarik dan Semangat Belajar

Munculnya pandemi membuat seluruh aktivitas harus dilakukan dari rumah. Namun sudah dua tahun berlalu, pasti ada waktu-waktu saat Anda maupun anak merasa bosan serta tidak lagi bersemangat untuk beraktivitas. Tetapi jangan khawatir! Ada cara menata meja belajar agar menarik sehingga aktivitas di rumah kembali menyenangkan. Menata meja dan furniture lainnya yang ada di rumah memang menjadi solusi efektif untuk membuat suasana terlihat baru. Tidak percaya? Langsung saja baca informasi selengkapnya di bawah ini untuk mendapatkan manfaat dan cara menata meja belajar agar menarik.

Apa Manfaat Menata Meja?

Apa Manfaat Menata Meja Beraktivitas dari rumah selama lebih dari dua tahun pasti membuat Anda suntuk dan tidak bersemangat. Meja yang tadinya rapi dan bersih, kini mulai berantakan serta kotor dengan debu. Tidak heran apabila Anda jadi kehilangan semangat karena lingkungan belajar dan bekerja sudah tidak lagi kondusif. Tetapi apakah benar bahwa menata meja memberikan dampak positif supaya lebih bersemangat saat beraktivitas? Temukan jawabannya dengan membaca informasi berikut ini.

1. Efisiensi dan Produktivitas Kerja Meningkat

Terdapat suatu pernyataan yang berkata bahwa “Tidy desk, tidy mind”. Pernyataan ini memiliki arti bahwa menata atau merapikan meja bukan hanya sekadar untuk terlihat bersih tetapi juga untuk mengorganisasi pikiran yang Anda miliki. Saat meja telah ditata dan dokumen sudah disusun rapi maka berbagai pemikiran yang Anda punya juga mulai bisa “dirapikan”. Anda jadi bisa berpikir lebih jernih dan tajam untuk memecahkan masalah yang ada. Secara tidak sadar bahkan pekerjaan Anda telah selesai karena fokus yang penuh serta tidak terpecah. Baca juga: 10 Cara Menghias Meja Belajar yang Nyaman dan Estetis

2. Ide dan Kreativitas dapat Berkembang

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa menata dan membersihkan meja dapat membuat pikiran lebih jernih. Pikiran yang jernih akan memicu munculnya ide dan kreativitas baru yang dibutuhkan dalam pekerjaan atau pembelajaran. Meja yang sudah dibersihkan serta ditata sedemikian rupa memang memiliki dampak yang besar pada mental Anda selama beraktivitas. Ketika lingkungan kerja atau belajar mendukung maka sebenarnya tidak sulit bagi ide dan kreativitas untuk berkembang.

3. Mudah Menemukan Barang

Meja yang sudah ditata rapi juga dapat memudahkan Anda saat ingin mencari berbagai barang kebutuhan. Sebagai contoh, Anda jadi tidak perlu mengubrak-abrik dokumen atau buku-buku untuk menemukan penghapus dan pensil. Semuanya bisa ditemukan pada tempat penyimpanan yang seharusnya.

4. Meningkatkan Semangat

Pikiran yang lebih jernih juga berdampak pada semangat yang Anda punya untuk beraktivitas. Jika sebelumnya bekerja 2 jam sudah membuat Anda lelah bahkan malas melakukan pekerjaan maka meja yang rapi akan memunculkan perasaan senang meskipun sudah bekerja untuk waktu lama. Baca juga: 10 Desain Meja Komputer yang Unik dan Nyaman

7 Cara Menata Meja Belajar agar Menarik dan Jadi Semangat

Cara Menata Meja Belajar agar Menarik dan Jadi Semangat Menata meja supaya lebih menarik bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah. Namun tentu membutuhkan usaha untuk membersihkan, merapikan, dan mengatur ulang meja. Setidaknya ada 7 cara yang bisa Anda coba lakukan, berikut penjelasannya.

1. Bersihkan Meja dari Barang Tak Terpakai

Menata Meja dengan Membersihkan dari Barang Tak Terpakai Terlalu sering menggunakan meja tanpa membersihkannya membuat banyak kertas yang tidak terpakai menumpuk. Sebagai langkah pertama, Anda bisa mulai membersihkan meja dari kertas-kertas sekaligus mengelapnya dengan kain lembap agar debu-debu halus menghilang. Simpan atau buang berbagai barang yang sudah tidak digunakan. Contohnya seperti pulpen yang sudah habis tinta atau buku-buku yang tidak berhubungan dengan pekerjaan atau pembelajaran. Baca juga: 5 Tips Memilih Kursi Belajar Nyaman untuk Sekolah Online

2. Simpan Berbagai Barang Sesuai Tempatnya

Simpan Berbagai Barang Sesuai Tempatnya Simpan berbagai barang sesuai tempatnya masing-masing. Jika alat tulis berserakan di meja maka Anda bisa membeli tempat penyimpanan alat tulis. Jika banyak dokumen menumpuk maka Anda bisa menggunakan kotak penyimpanan khusus agar space untuk beraktivitas menjadi lebih luas.

3. Geser Meja ke Dekat Jendela

Geser Meja ke Dekat Jendela Apabila selama ini aktivitas dilakukan dengan membelakangi jendela maka cobalah untuk menggeser meja menjadi lebih dekat ke cahaya sinar matahari. Penerangan yang baik berdampak pada semangat dan kemauan Anda untuk bekerja ataupun belajar. Penerangan yang buruk karena posisi meja sebelumnya sangat mungkin menjadi alasan mengapa Anda tidak bersemangat.

4. Taruh Dekorasi Sederhana Sebagai Penyemangat

Taruh Dekorasi Sederhana Sebagai Penyemangat Membersihkan dan menata meja bukan berarti tidak boleh menaruh barang apa pun. Anda tetap bisa menaruh beberapa dekorasi sederhana. Sebagai contoh, Anda bisa menaruh bingkai dengan tulisan motivasi atau penyemangat sebagai pengingat dikala sedang stres. Anda juga bisa menaruh lilin aromaterapi untuk memberikan ketenangan pikiran sekaligus mengharumkan ruangan. Baca juga: 7 Pilihan Meja Belajar Simple untuk Kamar Kecil

5. Taruh Barang yang Sering Digunakan di Atas Meja

Taruh Barang yang Sering Digunakan di Atas Meja Supaya space meja bisa dimaksimalkan untuk beraktivitas, cukup taruh barang-barang yang sering digunakan. Jika buku catatan selalu dibuka untuk melihat tugas yang harus diselesaikan maka taruhlah buku tersebut di atas meja. Lalu taruh juga tempat alat tulis yang sering digunakan agar Anda bisa dengan mudah mengaksesnya.

6. Kategorikan Barang-Barang

Menata Meja Belajar agar Menarik dengan Mengkategorikan Barang-Barang Barang-barang yang sudah lama dibiarkan berserakan tentu perlu dirapikan. Supaya mencarinya lebih mudah, Anda bisa mengategorikan berbagai barang berdasarkan fungsi dan kebutuhannya. Anda bisa menggunakan sticky notes sebagai label keterangan agar tidak salah saat ingin mengambil atau menyimpan barang.

7. Tambahkan Tanaman Hias untuk Kesegaran

Tambahkan Tanaman Hias untuk Kesegaran Cara terakhir, Anda dapat menambahkan tanaman hias berukuran kecil di atas rak atau meja untuk memberikan kesegaran bagi mata dan pikiran. Tanaman hias terbukti sangat bermanfaat bagi mental Anda. Bahkan keberadaan tanaman hias membantu untuk memperbaiki kualitas udara dalam ruangan. Demikian beberapa cara menata meja belajar agar menarik dan dapat meningkatkan semangat untuk beraktivitas. Cara-cara tersebut bisa langsung Anda praktikkan agar seluruh aktivitas belajar dan bekerja menjadi lebih produktif. Berbicara soal meja, apakah Anda sudah memiliki meja ergonomis? Atau Anda masih menggunakan meja biasa yang tidak mementingkan unsur-unsur ergonomis? Meja ergonomis atau ergonomic desk sangat penting untuk dimiliki karena dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, hingga konsentrasi. Jika belum memilikinya maka ini waktu yang tepat untuk mengganti meja di rumah dengan ergonomic desk dari PEXIO. Salah satunya seperti Meja AMBY. Meja AMBY yang dikeluarkan oleh PEXIO terbuat dari bahan material terbaik di kelasnya yang siap mendukung seluruh aktivitas Anda di rumah. Selain itu terdapat tombol menaikkan atau menurunkan meja yang berguna untuk menyesuaikan ketinggian tubuh Anda. Permukaannya yang luas sangat berguna untuk menaruh berbagai macam barang atau alat elektronik lainnya demi mendukung produktivitas kerja maupun belajar. Langsung saja hubungi tim PEXIO untuk berkonsultasi atau bertanya mengenai produk-produk ergonomis lainnya! Ergonomic Desk PEXIO

Cart

No more products available for purchase

Your Cart is Empty