Situs ini memiliki dukungan terbatas untuk browser Anda. Kami menyarankan untuk beralih ke Edge, Chrome, Safari, atau Firefox.

13 Tips Menciptakan Ruang Kerja di Rumah agar WFH Lebih Tenang

Bukan hal yang tidak mungkin untuk menciptakan ruang kerja di rumah yang berukuran kecil. Meski ruangannya terbatas, tapi selalu ada cara untuk membuat ruang kerja yang nyaman dan inspiratif. 

Pada artikel ini, kami akan membahas cara membuat ruang kerja di rumah yang memenuhi kriteria tersebut. Berikut panduan lengkap dan detail untuk menciptakan lingkungan kerja yang ideal di dalam rumah. 

Tips menciptakan ruang kerja di rumah 

Mewujudkan ruang kerja impian di rumah tidak melulu harus memiliki rumah yang besar. Jika memang tidak ada ruangan kosong yang bisa dimanfaatkan, kamu bisa membuatnya dengan sedikit menata ulang perabotan di rumah. 

Khusus untuk kamu yang punya space terbatas, berikut beberapa tips mudah yang bisa kamu aplikasikan saat menciptakan ruang kerja di rumah minimalis. 

1. Pilih area yang tepat

Masih bingung menentukan ruang kerja di rumah? Rumah dengan ukuran terbatas memang sering menimbulkan dilema, tapi kamu jangan khawatir. Kamu bisa memanfaatkan sudut rumah dengan menambahkan meja menggantung atau meja lipat yang fleksibel dan multiguna. 

Jika di rumahmu memiliki banyak anggota keluarga, maka hindari ruangan di antara ruang makan dan ruang keluarga. Area ini tidak cukup strategis dan dapat mengganggu konsentrasi kerja. 

2. Ukur ruangannya

Setelah mengetahui area untuk dijadikan sebagai ruang kerja di rumah, kini saatnya kamu untuk mengukur ruangan tersebut dan mulai membuat bayangan konsep pada selembar kertas. Namun, perhatikan posisi pintu, lantai, kabel listrik, dan lampu. 

Dengan mengetahui ukuran ruangan dan bayangan gambar dari ruang kerja impianmu, hal ini akan mempermudah kamu dalam menyesuaikan anggaran. 

Baca juga: 8 Posisi Duduk Depan Komputer yang Disarankan

3. Tentukan tema

Ruang kerja yang ditata dengan tampilan yang cantik rupanya dapat membangkitkan mood saat bekerja. Ide-ide kreativitas juga tak jarang muncul dari ruangan yang didesain sedemikian rupa. 

Kamu bisa mendekorasi ruang kerja di rumah dengan warna yang hangat menggunakan cat dinding, menempatkan pernak-pernik di atas atau di dekat meja kerja, serta menambahkan ornamen lainnya. 

4. Memanfaatkan dinding kosong

Selain cara di atas, kamu juga bisa memanfaat dinding kosong. Jika dirasa dinding kosong yang ada di rumah cukup kondusif untuk dijadikan ruang kerja, jangan ragu untuk meletakkan meja dan kursi di sana. Masalah dekorasinya bisa menyusul, yang terpenting ciptakan dulu ruang kerja di rumah.  

5. Manfaat area bawah tangga 

Rumahmu bertingkat? Jika iya, manfaatkan ruangan bawah tangga tersebut untuk dijadikan sebagai ruang kerja di rumah. Ukurannya mungkin akan terbatas, terutama dari segi tingginya. 

Meski begitu kamu tetap bisa memanfaatkan ruangan kosong di bawah tangga dengan memilih furnitur yang pas dengan luas dan tinggi rumahnya. Atau, kamu bisa mengandalkan jasa pembuat furnitur custom agar dapat menyesuaikan ukuran ruangan tersebut. 

Karena keterbatasan ruang, pastikan juga untuk tidak menaruh terlalu banyak barang di sana. Gunakan barang-barang yang paling dibutuhkan, lalu simpan sisanya di kotak penyimpanan dan letakkan di bawah meja. 

6. Atur tata letak dengan bijak

Tata letak ruang kerja di rumah sangat penting untuk produktivitas kamu. Pastikan antara jarak meja dan kursi serta lemari (jika ada) diatur dengan baik dan strategis. Juga pastikan ada cukup ruang kosong di sekitar meja untuk memberimu ruang untuk bergerak dan bernapas.  Selain itu, atur peralatan elektronik seperti komputer, printer, dan kabel dengan rapi. 

7. Perhatikan pencahayaan 

Bekerja di ruangan dengan pencahayaan yang bagus dapat menciptakan atmosfer yang kondusif. Kamu juga bisa jadi lebih fokus dan berkonsentrasi. Namun, pastikan kamu memilih pencahayaan yang tepat, ya karena ruang kerja yang terlalu terang juga dapat membuat mata cepat lelah. 

Jika menggunakan komputer untuk bekerja, sebaiknya gunakan lampu yang berwarna putih. Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan akses sinar matahari. Untuk itu, pilihlah posisi ruang kerja di rumah yang tidak menghadap matahari langsung. 

Baca juga: Spesifikasi Kursi Kantor Terbaik untuk Kenyamanan Saat Bekerja

8. Teknologi dan konektivitas

Ruang kerja di rumah akan berfungsi dengan baik apabila kamu memiliki akses yang baik ke teknologi dan internet. Pastikan router Wifi kamu berada di dalam jangkauan yang baik dan sinyalnya kuat. 

Kamu juga perlu memiliki soket listrik yang cukup untuk semua perangkat. Pertimbangkan untuk menggunakan perpanjangan listrik atau strip listrik jika perlu. Selain itu, pertimbangkan pula soal pengaturan backup daya, seperti UPS (Uninterruptible Power Supply) guna menghindari kehilangan data saat terjadi pemadaman listrik. 

9. Pilih perabot serbaguna yang nyaman

Dikarenakan kamu akan menghabiskan banyak waktu di ruang kerja, pastikan kamu memilih furnitur yang dapat membuatmu nyaman. Pilihlah kursi yang dapat menopang tubuhmu dengan baik.

Begitu pun dengan pemilihan meja, pilihlah meja yang ketinggiannya sesuai dengan postur tubuh. Hindari penggunaan barang berlebihan agar ruangan tidak memberikan kesan sesak. Beli meja dan kursi ergonomis yang nyaman di sini!

Baca juga: 6 Rekomendasi Meja Kerja Adjustable yang Nyaman dan Modern

10. Pilih aksesoris yang sudah ada di rumah

Poin plus dari membuat ruang kerja di rumah adalah kamu bebas menggunakan aksesoris rumahmu sendiri. Kamu dapat memilih aksesoris yang berguna untuk menghiasi meja kerjamu. 

Beberapa barang yang bisa kamu manfaatkan antara lain pigura foto keluarga yang bisa diletakkan di atas meja, hasil karya si kecil jika ada, atau action figure lainnya yang ada di rumah. 

11. Gunakan desk organizer

Untuk membuat ruang kerja di rumah tetap rapi dan bersih, gunakan desk organizer atau rak penyimpanan, seperti wadah alat tulis dan box files. Tak perlu membelinya yang baru, kamu cukup manfaatkan barang-barang yang tidak terpakai di rumah, misalnya toples bekas atau rak anggur. Dengan penyimpanan yang rapi, semua alat kerja bakal terorganisasi dengan baik.

12. Letakkan speaker dan aromaterapi

Suasana kerja yang nyaman dan inspiratif bisa kamu dapatkan dengan bantuan dari musik yang diputar dan aromaterapi. Kamu dapat memutar musik atau playlist yang kamu suka guna meningkatkan konsentrasi kamu. 

Selain itu, aromaterapi juga dapat membantu menciptakan suasana kerja yang nyaman dan tenang. Gunakan lilin aromaterapi dengan aroma yang kamu sukai. Beberapa aroma seperti lavender, peppermint, dan eucalyptus adalah rekomendasi aroma yang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks.

13. Ciptakan zona bebas gangguan

Untuk menciptakan ruang kerja di rumah yang nyaman untuk WFH, penting untuk memiliki zona yang bebas dari gangguan. Sebelum kamu mulai bekerja, sebaiknya beritahu anggota keluarga atau teman kamu tentang jam kerja kamu dan minta mereka untuk menghormati waktu tersebut. Zona yang bebas gangguan akan membantu kamu tetap fokus dan produktif.

Itu dia cara membuat ruang kerja di rumah yang kecil agar WFH tetap nyaman dan tenang. Menciptakan ruangan kerja yang kamu impikan mungkin terdengar melelahkan dan menghabiskan banyak biaya. Maka dari itu, penting untuk membuat perencanaan yang matang agar sesuai dengan selera dan budget yang dimiliki. 

Jika kamu ingin mengkustomisasi furnitur agar dapat disesuaikan dengan keterbatasan ruang kerja, kamu bisa mewujudkannya bersama Pexio. Tim kami akan membantu mewujudkan furnitur serta desain interior untuk ruangan impianmu.

Hubungi tim kami untuk informasi lebih lanjut. Klik di sini!

Keranjang

Tidak ada lagi produk yang tersedia untuk dibeli

Keranjang Anda kosong