Situs ini memiliki dukungan terbatas untuk browser Anda. Kami menyarankan untuk beralih ke Edge, Chrome, Safari, atau Firefox.

6 Cara Menata Meja Kerja di Kantor agar Semakin Apik

Banyak karyawan yang menganggap kantor sebagai 'rumah kedua' sehingga meja kerja hanya diisi dengan barang-barang yang kurang diperlukan. Meja kerja menjadi pemandangan yang kita lihat setiap hari, jadi Anda harus memperhatikan penataannya. Cara menata meja kerja di kantor yang baik akan membuat semangat kerja Anda meningkat setiap harinya. Meja kantor selalu identik dengan tumpukan kertas atau file yang kurang diperlukan. Untuk menambah semangat kerja, tidak jarang orang menambah pernak-pernik lucu di mejanya. Langkah ini tidak salah, tapi berakhir pada masalah jika tidak ditata dengan rapi.

Cara Menata Meja Kerja di Kantor untuk Kenyamanan

Menata meja kerja di kantor mungkin bukan deskripsi pekerjaan yang harus Anda kerjakan. Namun kenyamanan tempat kerja tersebut dapat mempengaruhi motivasi dan semangat kerja. Semangat kerja yang meningkat akan menghasilkan kinerja kerja yang tinggi. Pekerjaan pun jadi cepat selesai karena Anda fokus dengan pekerjaannya. Siapa lagi yang mau mengatur meja kerja di kantor kalau bukan Anda? Pasalnya, ada beberapa file penting atau barang pribadi yang terdapat di meja kerja tersebut. Orang lain disungkan menyentuh atau sekedar membantu merapikannya karena bisa membuat Anda bingung dengan lokasi barang yang seharusnya. Meja kerja yang berantakan akan menurunkan mood Anda, bahkan sebelum mulai bekerja. Bayangkan saja, tumpukan file di meja kerja mengingatkan Anda akan pekerjaan yang harus diselesaikan. Belum lagi, dekorasi atau barang pribadi yang berserakan di meja sudah membuat Anda demotivasi. Saat memiliki waktu luang di kantor, gunakanlah untuk menata kembali meja kantor Anda. Anda bisa melakukannya secara mingguan sebelum menyambut akhir pekan atau cuti. Niscaya, Anda akan disambut dengan pemandangan meja kerja yang rapi saat kembali bekerja.

1. Buang Barang yang Tidak Perlu

Langkah pertama dalam menata meja adalah membuang barang yang tidak diperlukan, seperti menumpuk file atau barang yang sudah terpakai. Hasilnya, meja kerja Anda terlihat lebih luas dan teratur sehingga barang-barangnya bisa ditata kembali.

2. Gunakan Perabotan yang Nyaman

Kenyamanan saat bekerja juga tergantung pada jenis perabot yang digunakan. Sebagai informasi, kursi yang nyaman tentu saja tidak berguna untuk kesehatan punggung Anda. Solusinya adalah gunakan kursi kerja ergonomis Luxio yang bisa disesuaikan dengan tinggi badan Anda. Kursi ergonomis ini membuat punggung Anda tetap nyaman selama bekerja karena bisa mengurangi tekanan di pinggul. Anda tidak perlu khawatir menderita sakit punggung hanya karena kelamaan duduk. Baca Juga: 4 Macam-Macam Interior Kantor yang Wajib Dimiliki

3. Tambahkan Tong Sampah di Bawah Meja

Jaga kebersihan meja kerja di kantor dengan menambah tong sampah mini di bawah meja. Anda bisa langsung membuang barang yang kurang diperlukan tanpa harus menumpuknya di meja. Menunda pembuangan sampah malah berakhir pada penghentian karena Anda lupa membuang sampah tersebut.

4. Atur Dekorasi Seperlunya

Dekorasi meja seperti miniatur, tanaman hias mini, dan sejenisnya memang menambah semangat kerja. Namun, perhatikan juga pengaturan atau tata letaknya agar tidak mendominasi meja kerja Anda. Baca Juga: Mengenal Prinsip Ergonomis Beserta Fungsinya

5. Gunakan Cork Board dan Sticky Notes

Anda memerlukan pengingat mengenai tugas dan tenggat waktu yang harus dipenuhi? Gunakan saja papan gabus mini (papan gabus) dan catatan tempel sebagai pengingatnya. Jika tugas tersebut sudah terpenuhi, Anda bisa langsung membuang sticky note tersebut dan menggantinya dengan yang baru sesuai kebutuhan. Baca Juga: 7 Jenis-Jenis Kursi Kantor dan Fungsinya

6. Gunakan File Folder

Anda masih diwajibkan membuat file dalam bentuk kertas? Daripada menumpuk file tersebut, Anda bisa memanfaatkan file folder sesuai dengan kesalahan. Langkah ini juga memudahkan Anda dalam mencari file pekerjaan yang diperlukan. Selain mempraktekkan cara menata meja kerja di kantor di atas, Anda juga bisa mengganti perabotan kantor dengan furnitur ergonomis dari PEXIO. Perabotan ergonomis ini tidak hanya dirancang dengan estetika, namun juga membuat Anda nyaman selama bekerja. Ganti perabotan kantor dengan furnitur ergonomis untuk kinerja kerja yang lebih baik. Spanduk Kursi Ergonomis PEXIO

Keranjang

Tidak ada lagi produk yang tersedia untuk dibeli

Keranjang Anda kosong