Perkembangan teknologi furniture saat ini telah melahirkan berbagai desain meja kerja kantor yang disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari yang desainnya simpel, multifungsi, sampai yang memiliki banyak ruang untuk menyimpan banyak dokumen atau berkas.
Selain itu ada juga desain meja kerja ergonomis yang dilengkapi dengan fitur pengatur ketinggian meja. Jenis meja seperti ini tentu sangat dibutuhkan bagi karyawan di kantor. Pasalnya dengan ketinggian meja yang dapat diatur, karyawan dapat menentukan sendiri posisi kerja yang mereka inginkan.
Bagi kamu yang sedang mencari referensi desain meja kerja kantor yang ideal dan bisa meningkatkan produktivitas kerja, berikut kami berikan rekomendasinya untuk kamu.
Hal yang wajib diperhatikan saat memilih desain meja kerja kantor
Banyaknya pilihan meja kerja yang tersedia saat ini terkadang bisa bikin bingung. Namun, untuk mempermudah pencarian kamu, kami akan membahas langkah-langkah dalam memilih desain meja kerja kantor yang ideal, yang sesuai dengan kebutuhan karyawan di kantor.
1. Perhitungkan bagaimana kamu akan menggunakan meja kerja
Langkah pertama dalam mencari meja kerja yang cocok adalah dengan memahami pola kerja karyawan. Apakah pekerjaan karyawan melibatkan penggunaan komputer secara terus-menerus? Atau mungkin lebih sering berurusan dengan berkas-berkas?
Sebelum mencari desain meja kerja kantor, penting untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang bagaimana seorang karyawan akan menggunakan meja tersebut. Jika di kantor kamu menggunakan komputer desktop, maka pilih meja kerja yang cukup besar dengan ruang untuk menyimpan CPU dan sistem kabel yang rapi.
Selain itu, meja tersebut juga harus memiliki laci keyboard untuk memberikan lebih banyak ruang kerja. Namun, jika bekerja dengan laptop, maka kamu bisa menggunakan meja kecil yang cukup untuk laptop tiap karyawan.
Lain halnya jika pekerjaanmu melibatkan banyak dokumen fisik, maka dibutuhkan meja kerja panjang dengan ruang penyimpanan yang memadai.
Baca juga: 5 Meja Komputer Minimalis yang Bagus dan Tahan Lama
2. Tempat penyimpanan
Desain meja kerja kantor yang ideal adalah memiliki ruang penyimpanan yang memadai. Misalnya meja dengan beberapa laci yang berfungsi sebagai tempat menyimpan berkas dan alat kerja lainnya sehingga meja akan selalu terlihat rapi.
3. Luas ruangan
Saat memilih desain meja kerja kantor, kamu juga perlu mempertimbangkan ukuran ruang kerja di kantor. Apakah kamu bekerja di sudut kecil atau justru memiliki ruangan yang lebih besar?
Memilih meja berukuran besar di ruangan yang sempit tentu akan membuat ruangan terasa sesak, sementara meja kecil di ruangan yang besar pun terlihat tidak proporsional. Oleh karena itu, pastikan ukuran meja kerja disesuaikan dengan ukuran ruang kerjamu, ya.
Baca juga: 5 Ukuran Meja Kerja yang Ideal
4. Cari meja kerja yang ergonomis
Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa penggunaan meja kerja ergonomis perlu dipertimbangkan. Sebab dengan meja ergonomis yang memiliki fitur adjustable heights memungkinkan kamu untuk mengubah posisi dengan mudah. Jadi, ketika dirasa bekerja sambil duduk bikin pegal, kamu bisa mengubah posisi kerja sambil berdiri.
5. Dekorasi ruang
Dekorasi ruang kerja juga penting untuk menciptakan suasana yang nyaman dan produktif. Pilihlah meja yang sesuai dengan gaya dan elemen dekorasi yang ada di ruang kerja. Meja kerja yang cocok dengan konsep ruangan akan membuat tampilan kantor lebih estetik. Kamu bisa pertimbangkan warna, desain, dan bahan meja yang sesuai dengan perabotan dan peralatan kerja.
Baca juga: 10 Ide Desain Ruang Kerja Kantor Sederhana, Nyaman dan Estetik!
Desain meja kerja kantor yang ideal
Berikut kami berikan rekomendasi desain meja kerja kantor ideal yang bisa dijadikan referensi.
1. Nelson Adjustable Desk
Ruangan kerja di kantor cukup terbatas? Jika iya, meja kerja satu ini adalah solusinya. Dimensinya yang hanya berukuran 70 x 40 cm dengan tinggi 103 cm membuat meja ini ideal untuk ditempatkan di ruangan kecil.
Hanya saja, penggunaan meja ini hanya cocok untuk karyawan yang bekerja dengan laptop. Selain itu, meja ini dilengkapi dengan fitur adjustable desk height yang bisa mengatur ketinggian meja sesuai kebutuhan.
Walau ukurannya tidak terlalu besar, meja kerja Nelson dapat menampung beban dengan kapasitas maksimal 20 kg. Jadi, kamu bisa menaruh lebih banyak barang di atas meja.
Desain meja kerja kantor ini juga minimalis dan didukung dengan pilihan warna netral seperti hitam dan putih sehingga cocok untuk semua konsep ruangan. Tertarik membelinya?
Harga meja Nelson adalah Rp1.710.000. Beli meja ergonomis ini dengan harga diskon sekarang!
2. Wesley 120 x 60 Ergonomic Desk
Desain meja kerja kantor berikutnya yang juga bisa menjadi pertimbangan kamu adalah Wesley. Ini adalah meja kerja ergonomis yang memiliki tampilan minimalis modern. Warna meja ini mengadopsi konsep Japan-Scandinavian dengan memadukan warna putih dan kayu.
Dilengkapi dengan fitur height-adjustment, ketinggian meja dapat diatur sesuai kebutuhan karyawan. Terdapat panel kontrol sentuh untuk mengatur ketinggian meja. Material daun meja terbuat dari MDF yang dilapisi HPL sedangkan material kaki meja terbuat dari full alumunium.
Bahan meja yang berkualitas akan membuat meja awet dan tidak mudah rusak. Soal harga, meja estetik ini dibanderol seharga Rp3.500.000. Beli sekarang juga dan dapatkan harga special!
3. Amby 120 x 60 Ergonomic Desk
Tingkatkan produktivitas kerja karyawan dengan meja kerja satu ini. Desain meja kerja kantor yang minimalis modern akan membuat tampilan ruangan terlihat lebih proporsional dan estetik. Meja ini memiliki panel kontrol pengatur ketinggian meja, lengkap dengan safety lock untuk mengunci posisi meja.
Meja kerja Amby hadir dengan tiga warna pilihan, yakni hitam, putih, dan mahogany. Dengan dimensi 120 x 60 cm, meja ini sangat ideal untuk dijadikan sebagai meja kerja yang nyaman dan efisien.
Harga meja kerja Amby dibanderol dengan harga Rp4.702.500. Klik di sini untuk diskon lebih besar!
4. Warren Ergonomic Desk
Berikutnya ada meja kerja yang diperuntukkan bagi karyawan yang bekerja dengan komputer desktop. Desain meja kerja kantor yang dibuat berundak memungkinkan penggunanya untuk meletakkan layar komputer di bagian atas meja dan keyboard serta mouse di meja yang lebih rendah.
Selain itu, ketinggian meja juga dapat diatur sesuai keinginan. Terdapat panel kontrol layar sentuh untuk mengatur ketinggian meja yang mudah dioperasikan. Meja ini cukup kokoh untuk menampung banyak barang dengan beban maksimal 80 kg.
Meja kerja Warren tersedia dalam warna hitam dan oakwood. Soal harga, kamu bisa mendapatkan meja ini dengan harga Rp5.635.875. Beli di sini!
5. Kelly Ergonomic Desk
Ciptakan lingkungan kerja yang ideal dengan meja yang dapat disesuaikan ketinggiannya seperti meja kerja Kelly. Ini adalah meja kerja yang multifungsi karena dilengkapi dengan laci berukuran besar serta port pengisi daya (2 mikro-B, 1 tipe-C). Dimensi meja juga cukup luas, yakni 120 x 60 cm sehingga kamu punya banyak ruang untuk bekerja.
Terdapat panel kontrol dengan empat pra-pengaturan memori untuk merekam posisi ketinggian meja yang diinginkan dan kunci pengaman untuk mengunci posisi ketinggian meja. Dengan begitu, kamu tidak perlu melakukan setting ulang setiap hendak menggunakan meja.
Tentunya ini adalah desain meja kerja kantor yang ideal bagi seluruh karyawan. Untuk harganya, meja kerja Kelly dibanderol dengan harga Rp6.134.625. Klik sekarang dan dapatkan diskon terbaik!
Itulah penjelasan tentang desain meja kerja kantor ideal untuk tingkatkan produktivitas saat bekerja. Semoga kelima inspirasi desain meja kerja di atas bisa membantu kamu memilih meja kerja yang paling cocok untuk kantormu.