Situs ini memiliki dukungan terbatas untuk browser Anda. Kami menyarankan untuk beralih ke Edge, Chrome, Safari, atau Firefox.

10 Cara Menata Ruang Kantor yang Nyaman dan Estetis

Dalam melakukan pekerjaan di sebuah perusahaan, ruang kerja yang nyaman menjadi salah satu impian setiap orang. Ruang kantor yang rapi dan tertata sesuai dengan kepentingan kerja dapat menciptakan lingkungan yang baik dan produktif. Berkaitan dengan hal tersebut, cara menata ruang kantor yang baik untuk menciptakan kenyamanan bekerja dan bersosialisasi. Ketahui informasi lebih lanjut pada penjelasan berikut.

Bagaimana Cara Menata Ruang Kantor yang Nyaman?

Bagaimana Cara Menata Ruang Kantor yang Nyaman Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas hasil pekerjaan adalah tempat kerja yang nyaman. Oleh karena itu, perlu dilakukan penataan pada ruang kantor dengan menerapkan 10 cara berikut ini:

1. Memaksimalkan Penggunaan Setiap Sudut

Memaksimalkan Penggunaan Setiap Sudut Keterbatasan pada luas bangunan tidak selalu menjadi hambatan terciptanya ruang kantor yang nyaman. Anda dapat memanfaatkan setiap sudut ruangan kosong menjadi sebuah lokasi baru untuk meletakkan meja yang dapat digunakan untuk bekerja maupun bersantai saat istirahat. Anda tidak harus melakukan perubahan besar. Memanfaatkan kemudahaan penataan meja dan kursi bisa membentuk sebuah lokasi baru di sudut ruangan. Anda bahkan juga bisa menggunakan papan partisi untuk memberikan sekat, sehingga terciptalah tempat baru yang memanfaatkan sudut ruangan kosong. Baca juga: Bagaimana Tata Letak Meja Kantor yang Tepat dan Bikin Betah?

2. Penggunaan Meja Panjang

cara menata ruang kantor dengan menggunakan Meja Panjang Langkah efektif untuk membuat ruangan yang mempunyai jarak yang cukup sebagai akses mobilitas dan memberikan kemudahan diskusi antar karyawan adalah penggunaan meja yang panjang. Meja panjang biasanya memiliki luas yang besar pula, sehingga karyawan dapat meletakkan banyak alat kerja di atasnya. Anda dapat melakukan penataan meja kerja secara vertikal dua sisi, dengan tetap memperhatikan luas setiap pembagian meja kerja yang cukup agar tetap nyaman digunakan. Penggunaan meja panjang juga membantu memudahkan proses pengawasan karena karyawan berada di satu tempat yang sama.

3. Berikan Ruang Bersantai Di Sudut Kantor

Berikan Ruang Bersantai Di Sudut Kantor Dalam bekerja, rasa lelah dan bosan tentu akan muncul akibat beban pekerjaan yang diterima. Rasa lelah dan bosan dapat menurunkan produktivitas dan kelancaran kerja otak, sehingga berdampak pada output kerja yang dihasilkan. Maka dari itu, tersedianya ruang bersantai penting untuk membantu mengembalikan energi dan motivasi kerja. Tidak perlu berukuran besar, Anda cukup membuat bilik sederhana yang dilengkapi dengan furniture yang nyaman seperti sofa, minuman, dan lain sebagainya. Selain menjadi tempat bersantai, bilik ini dapat digunakan sebagai tempat berkomunikasi santai yang juga membantu menghilangkan stres. Baca juga: 10 Warna Sofa Minimalis Terbaru 2022 yang Cantik

4. Pilih Warna Lampu yang Terang

Pilih Warna Lampu yang Terang Pemilihan warna lampu harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Lampu yang terang dapat memberikan suasana yang lebih hidup dan bersemangat. Hindari penggunaan warna lampu yang redup pada tata ruang kantor karena akan menstimulasi otak untuk cepat lelah dan mabuk.

5. Kombinasi Warna yang Sesuai

Kombinasi Warna yang Sesuai Mungkin perihal penggunaan warna dalam tata ruang kantor terdengar sepele, namun ternyata kombinasi warna dalam ruangan dapat mempengaruhi suasana kantor. Untuk meningkatkan semangat kerja, Anda dapat menggunakan warna terang dengan kombinasi yang sesuai seperti contoh perpaduan warna putih dan coklat. Selain meningkatkan semangat, warna cerah juga memberikan kesan luas pada ruangan. Baca juga: Jenis-Jenis Tata Ruang Kantor yang Perlu Anda Ketahui

6. Penggunaan Kaca

Penggunaan Kaca Penggunaan kaca pada tata ruang kantor memiliki banyak manfaat . Kaca dapat digunakan untuk sekat sebuah bilik agar ruangan dapat lebih mudah menjangkau pandangan mata dan mudah melakukan pengawasan. Selain itu, menggunakan banyak kaca pada dinding ruangan akan membantu mengurangi rasa lelah sebab Anda dapat memberikan jeda istirahat pada mata dari layar komputer untuk sejenak menikmati pemandangan.

7. Penempatan Barang

Penempatan Barang Kerapian merupakan salah satu kunci kenyamanan ruang kerja. Oleh karena itu, biasanya untuk selalu menempatkan kembali barang setelah selesai menggunakan. Kondisi meja kerja yang tidak teratur dapat meningkatkan stres saat bekerja, sehingga penting untuk selalu menjaga kerapian. Selain itu, disarankan untuk meletakkan barang dengan posisi yang tepat. Misalnya, komputer sebaiknya diletakkan sejajar dengan pandangan mata agar mencegah timbulnya rasa sakit akibat menunduk terlalu lama. 

8. Pembagian Meja Kerja Sesuai Divisi

Pembagian Meja Kerja Sesuai Divisi Jika memungkinkan, Anda dapat melakukan pembagian ruang kerja pada setiap divisi. Hal ini memudahkan karyawan untuk melakukan koordinasi seputar pekerjaan yang diterima karena seluruh anggota divisi berada pada satu tempat yang sama. Selain itu, jika suatu divisi membutuhkan banyak komunikasi, diskusi dapat dilakukan secara langsung tanpa perlu banyak mobilitas.

9. Furnitur Bijak Dalam Penggunaan

Bijak Dalam Penggunaan Furnitur Untuk menghindari ruangan yang penuh dan terasa sempit, gunakan furniture sesuai dengan kebutuhan saja. Disarankan untuk menggunakan furniture seperti kursi serta meja kerja yang nyaman dan dapat menunjang produktivitas kerja karyawan. Penggunaan furniture yang sesuai kebutuhan juga membantu memberikan kesan rapi dan luas pada ruangan kantor. Sehingga tidak ada gangguan visual ruangan dan ruangan memiliki jarak yang cukup untuk berjalan.

10. Gunakan Konsep Ergonomis

Gunakan Konsep Ergonomis Memberikan fasilitas yang baik tidak akan menjadi hal yang merugikan bagi perusahaan, justru hal tersebut memberikan banyak keuntungan. Kantor dengan konsep ergonomis maksudnya penggunaan meja dan kursi ergonomis pada ruang kerja yang mampu memberikan kenyamanan meski duduk dan bekerja dalam durasi yang cukup lama. Produk furniture yang ergonomis dapat mengoptimalkan produktivitas kerja dan menjaga tubuh dari rasa pegal akibat duduk terlalu lama. Anda dapat menggunakan produk kursi ergonomis Jervis dan meja Amby dari PEXIO untuk kelengkapan furnitur kantor. Demikian tadi merupakan cara menata ruang kantor agar lebih nyaman digunakan. Penataan ruang kantor yang tepat dapat menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Gunakan juga furniture ergonomis pada meja dan kursi kantor Anda untuk menghindari munculnya rasa lelah saat duduk dalam waktu yang lama. Pastikan Anda mendapatkan furnitur ergonomis di PEXIO yang memiliki kualitas tinggi untuk efisiensi kerja. Selain itu, PEXIO juga memberikan garansi masa 2 tahun pada seluruh produk ergonomis. Tunggu apalagi? Hubungi PEXIO sekarang juga untuk berbagai kenyamanan furniture ergonomis. Kursi Ergonomis PEXIO

Keranjang

Tidak ada lagi produk yang tersedia untuk dibeli

Keranjang Anda kosong