Situs ini memiliki dukungan terbatas untuk browser Anda. Kami menyarankan untuk beralih ke Edge, Chrome, Safari, atau Firefox.

19 Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana yang Menarik

Ruang tamu yang minimalis biasanya memiliki fungsi yang disatukan dengan ruang keluarga. Oleh karena itu ruang tamu yang Anda miliki perlu di dekorasi agar semakin enak dipandang. Tidak hanya enak dipandang, ruang tamu tentu harus memiliki rasa nyaman, karena ruang tamu adalah jantung rumah, tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga.

Beberapa ide dekorasi ruang tamu minimalis sederhana di bawah ini bisa jadi pilihan untuk Anda.

19 Pilihan Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana Untuk Anda

Mendekorasi ruangan adalah kegiatan penting yang wajib dilakukan. Tanpa dekorasi, ruang tamu Anda bisa menjadi sangat membosankan dan tidak nyaman. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa menggunakan beberapa dekorasi cerdas berikut ini.

1. Pilih Perabotan yang Unik

Pilih perabotan unik Kebosanan bisa datang apabila tidak ada hal yang menarik di ruang tamu Anda. Oleh karena itu pilihlah bentuk dan bahan material yang tidak biasa untuk ruang tamu Anda. Pilih bentuk unik yang bisa Anda ubah-ubah seiring berjalannya waktu. Dengan begitu setiap kali merasa bosan, Anda dapat dengan mudah mengganti suasana yang baru. Penggunaan desain lampu yang unik juga bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan rasa bosan dan memberi warna baru pada ruang tamu Anda. Baca Juga: 11 Jenis Kursi Kantor dan Fungsinya

2. Kombinasikan Warna Perabotan dalam Ruangan

Kombinasikan Warna Dalam Ruangan Selain perabotan yang unik, Anda dapat mengkombinasikan warna-warna di dalam ruang tamu. Misalnya penggunaan kombinasi dua dan tiga warna. Tidak hanya di dinding. Anda juga bisa mengkombinasikan warna di perabotan ruang tamu. Namun perlu diingat, kombinasi warna yang digunakan, ada baiknya hanya diaplikasikan pada satu aspek ruang tamu saja. Apabila kombinasi warna sudah diterapkan di dinding, maka kombinasi warna tidak perlu lagi digunakan pada perabotan. Penggunaan kombinasi warna pada seluruh aspek di ruang tamu hanya akan membuat mata Anda sakit saat berada di dalam ruangan tersebut.

3. Warna Dinding Ruang Tamu Sederhana yang Terang

Warna cat dinding terang Ide dekorasi ruang tamu minimalis sederhana selanjutnya adalah dengan menerapkan warna dinding yang terang. Ini adalah salah satu ide cerdas untuk menyiasati keterbatasan ukuran ruang tamu Anda. Warna kucing yang dapat Anda pilih yaitu warna putih, krem, dan warna-warna netral yang terang lainnya. Kenapa warna netral? karena warna netral akan memberi kesan yang luas dan bersih. Sama seperti furnitur, Anda juga dapat menggabungkan warna di atas dengan warna terang lainnya, sesuaikan saja dengan selera desain ruang tamu Anda. Baca juga: Pilihan Dekorasi Cat Dinding Ruang Tamu yang Bisa Dijadikan Inspirasi

4. Tampilan Ruang Tamu yang menarik dengan Wallpaper Dinding

Wallpaper ruang tamu Anda juga dapat memiliki ruang tamu yang menarik dengan mencoba ide dekorasi yang satu ini, terutama jika tidak memungkinkan untuk mengecat dinding. Wallpaper dinding yang dapat Anda pilih yaitu motif minimalis seperti corak kayu atau marmer .

5. Pilih Pola yang menarik

Pilih Pola yang Menarik Jika kombinasi warna menurut Anda akan sangat membosankan, maka menggunakan pola-pola menarik untuk ruang tamu adalah solusi lainnya. Pengaplikasian pola yang menarik bisa Anda lakukan di media apa saja. Bisa di dinding, lantai dan perabotan yang ada. Akan tetapi pola penggunaan dalam perabotan yang mudah diganti sangat kami sarankan. Misalnya sarung bantal sofa Anda. Bisa juga diaplikasikan pada karpet dan kain alas meja kopi , atau bahkan foto dan lukisan bingkai yang Anda pajang. 

6. Gunakan Tanaman Hias

Gunakan Tanaman Hias Tanaman hias bisa jadi salah satu pilihan Anda dalam ruangan yang minimalis. Selain terasa sederhana, tanaman hias memberikan kesegaran dan kehidupan pada ruang tamu Anda. Selain itu, kehadiran tanaman hias membuat sirkulasi rumah tetap terjaga. Bagi yang suka menggunakan ruang tamu sebagai tempat bekerja, kehadiran tanaman hias di ruang tamu juga akan menyegarkan mata yang lelah setelah menatap layar laptop berjam-jam selama bekerja. Dengan demikian, tanaman hias yang ada di ruang tamu Anda tidak hanya membuat dekorasi yang estetis, tetapi juga menyehatkan.

7. Gunakan Rak dan Bingkai

Gunakan Rak dan Bingkai Menggunakan rak dan bingkai adalah ide dekorasi ruang tamu minimalis sederhana selanjutnya. Anda bisa merekam menggunakan rak dan pembingkaian pada bagian dinding ruang tamu. Penggunaan rak tidak hanya memberikan dekorasi yang indah, tetapi juga dapat menjadi tempat penyimpanan barang yang Anda miliki. Hal ini juga membuat Anda dapat memaksimalkan penggunaan dinding ruang tamu. Anda juga bisa menggunakan bingkai yang berisi foto atau lukisan yang dapat mempercantik ruang tamu. Jika bosan dalam penataan, Anda hanya perlu mengubah tempatnya atau mengganti foto dan lukisan yang ada. 

8. Maksimalkan dengan Sofa yang Sesuai

Maksimalkan dengan Sofa yang Sesuai Tidak dapat dipungkiri bahwa sofa lebih banyak memakan ruang di ruang tamu dibandingkan kursi biasa. Namun, jika tetap ingin menempatkan sofa di ruang tamu yang minimalis, juga tidak menjadi masalah selama Anda mempertimbangkan ukuran dan bentuknya. Jangan menggunakan sofa yang berukuran terlalu besar agar ruang tamu Anda tidak semakin sempit. Hindari juga bentuk sofa yang melengkung atau bulat, seperti yang telah dijelaskan di artikel PEXIO berikut ini “ 10 Cara Memilih Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil “.

9. Gunakan Warna Sofa Minimalis

Warna sofa minimalis Warna sangat mempengaruhi psikologis seseorang, oleh karena itu Anda harus memilih warna sofa ruang tamu dengan cermat. Pilihlah warna yang bisa dipadukan dengan berbagai desain atau motif yang cantik di furnitur Anda agar ruang tamu lebih hidup dan menyenangkan. Apabila bingung warna apa saja yang harus Anda pilih, silakan pelajari rekomendasi warna sofa ruang tamu minimalis dari PEXIO berikut ini “ 10 Warna Sofa Minimalis Terbaru 2022 yang Cantik “.

10. Dekorasi dengan Furnitur Multifungsi

desain ruang tamu minimalis dengan furniture multifungsi Mendekorasi sekaligus memaksimalkan setiap sudut ruang tamu dapat dilakukan dengan menggunakan furnitur yang multifungsi. Bak sekali berenang dua tiga pulau terlampaui, sesuai namanya furniture multifungsi bisa digunakan untuk 3 macam fungsi yang berbeda. Selain tempat duduk, Anda dapat memanfaatkan furnitur tersebut sebagai tempat tidur dan tempat menyimpan barang. Inilah yang ditawarkan olehSofa Bed ALICE dari PEXIO. Menariknya, rak tambahan Sofa Bed ALICE bisa dipindahkan ke mana pun. Dengan demikian ruang tamu memiliki lebih banyak ruang hanya dengan satu perabotan multifungsi.

11. Selai sebagai Hiasan Dinding

Jam sebagai Hiasan Dinding untuk Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana Tidak hanya sebagai pengingat waktu, jam dinding juga dapat Anda manfaatkan sebagai bagian dari ide dekorasi ruang tamu minimalis sederhana. Anda bisa meletakkan jam dinding tersebut di atas rak dinding bersama dengan koleksi foto-foto keluarga maupun buku-buku favorit Anda. Untuk bentuk atau modelnya, pilihlah yang sederhana yang menyesuaikan dengan desain ruang tamu minimalis, seperti gambar di atas.

12. Maksimalkan Ruang Tamu dengan Cermin

Maksimalkan Ruang Tamu dengan Cermin Ide dekorasi selanjutnya adalah menambahkan cermin. Sepele, namun tahukah Anda bahwa cermin dapat memberi ilusi optik di dalam sebuah ruangan. Maksudnya, cermin dapat memberi kesan luas pada sebuah ruangan termasuk ruang tamu minimalis Anda. Tak hanya itu, cermin juga memiliki nilai estetika dan membuat tamu Anda betah berlama-lama di ruang tamu tersebut. Untuk memaksimalkan ilusi cermin tersebut, pasanglah cermin yang menghadap pintu atau jendela ruang tamu Anda.

13. Menambahkan Karpet agar Lebih Estetis

Menambahkan Karpet pada ruang tamu minimalis agar Lebih Estetis Benda yang satu ini ternyata bisa memberi nuansa hangat pada ruang tamu. Penggunaan karpet bisa menjadi alternatif menjadi tambahan saat tamu Anda ingin duduk di bawah (lantai). Tamu Anda tidak akan merasa dingin karena ada karpet yang berfungsi sebagai alasnya. Selain itu, karpet bermanfaat melindungi gelas atau piring saat jatuh, risiko pecahnya berkurang karena tidak langsung membentur lantai. Apabila ingin menggunakan karpet, maka kami sarankan untuk memasangnya tidak melebihi 50% dari total luas lantai ruang tamu Anda. Anda bisa memaksimalkan desain ruang tamu dengan menambah karpet atau bantal dengan warna senada agar ruang tamu tampak lebih estetis. Hal penting lainnya yaitu pilihlah karpet yang mudah dibersihkan!

14. Menggunakan Ekstensi Meja Ruang Tamu

Menggunakan Ekstensi Meja Tampilan ruang tamu Anda tidak akan bosan dengan furnitur yang satu ini. Meja extension sangat praktis digunakan karena Anda tinggal menarik ekstensinya dan meja menjadi lebih lebar, praktis bukan? Tidak hanya praktis, meja extension juga sangat merupakan furniture masa depan, sehingga akan memberikan kesan trendi untuk ruang tamu Anda yang mungil.

15. Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Tanpa Sofa

Dekorasi rumah tanpa sofa Ide dekorasi yang terakhir adalah ruang tamu tanpa sofa. Ide ini terbilang unik karena secara otomatis ruang tamu Anda akan terlihat lebih luas. Selain itu, tanpa adanya sofa, Anda bisa lesehan karena ini adalah opsi yang sangat menguntungkan jika sering menerima tamu dalam jumlah yang banyak.

16. Desain Plafon Minimalis

Desain Plafon Minimalis Ide di balik minimalis adalah dekorasi sederhana. Oleh karena itu, hindari penggunaan plafon coffered, desain plafon sederhana dengan warna kalem bisa menjadi pilihan plafon rumah minimalis Anda.

17. Pilihan Lantai yang Simple dan Nyaman

Pilihan Lantai yang Simple dan Nyaman Lantai adalah salah satu elemen terpenting dari desain minimalis. Jenis lantai Hardwood merupakan pilihan populer untuk ruang tamu minimalis karena jenis lantai ini dapat menciptakan suasana ruang tamu yang simpel dan nyaman.

18. Memaksimalkan pencahayaan Alami

Memaksimalkan pencahayaan Alami Jika Anda ingin mendesain ruang tamu minimalis, maka pencahayaan memainkan peran penting. Anda mungkin perlu mengamati pencahayaan alami untuk menciptakan suasana yang damai dan membuat ruangan terasa lebih besar dan luas dari yang sebenarnya.

19. Gunakan Keranjang & Tote untuk Penyimpanan

Gunakan Keranjang & Tote untuk Penyimpanan Jika Anda membutuhkan lebih banyak tempat penyimpanan di ruang tamu Anda, tetapi tidak ingin menambahkan lemari besar, maka keranjang dan tote adalah pilihan yang tepat. Anda dapat menyimpan barang-barang seperti buku, majalah, selimut, mainan, dan lainnya tanpa membuat ruang tamu Anda tampak sesak memenuhi lemari-lemari besar. Anda bahkan dapat menyimpan keranjang dan tote tersebut di gudang penyimpanan.

Kesimpulan

Itu dia beberapa dekorasi ruang tamu minimalis sederhana yang bisa Anda jadikan inspirasi dalam mendekorasi ruang tamu minimalis. Pilihlah dekorasi yang cocok dengan furnitur dan warna yang akan Anda gunakan. Anda dapat mencarinya di bagian furnitur ruang tamu di website PEXIO. Selain furnitur ruang tamu, PEXIO juga menghadirkan furnitur ergonomis yang bisa Anda pilih, agar bekerja dari rumah menjadi lebih nyaman. Kunjungi website PEXIO sekarang juga. 

Keranjang

Tidak ada lagi produk yang tersedia untuk dibeli

Keranjang Anda kosong