This site has limited support for your browser. We recommend switching to Edge, Chrome, Safari, or Firefox.

Inilah Macam-Macam Posisi Duduk yang Jarang Diketahui Orang!

Duduk merupakan salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan sehari-hari. Namun tahukah Anda, bahwa terdapat macam-macam posisi duduk yang mungkin sering dilakukan, tetapi Anda tidak mengetahui nama posisi tersebut. Apa saja posisi duduk itu? Mari simak uraiannya di bawah ini.

Macam-Macam Posisi Duduk yang Jarang Diketahui

Macam-Macam Posisi Duduk yang Jarang Diketahui Terdapat berbagai istilah yang menggambarkan posisi duduk yang sepertinya jarang diketahui. Bahkan istilah ini jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Apa saja berbagai macam posisi duduk tersebut? Simak uraian lengkapnya di bawah ini.

1. Bersimpuh

Bersimpuh Duduk bersimpuh dilakukan dengan cara melipatkan kedua kaki ke belakang sebagai tumpuan badan. Posisi duduk bersimpuh ini umumnya dilakukan oleh orang yang hendak berdoa, menyuguhkan minuman, hingga melakukan pelayanan untuk adat tradisional. Selain itu, posisi bersimpuh ini kerap kali ditemukan dalam gerakan yoga.

2. Bertopang Dagu

Macam-Macam Posisi Duduk Bertopang Dagu Duduk sambil bertopang dagu biasanya dilakukan apabila Anda sedang bersantai, bermalas-malasan, atau hendak berfoto. Posisi duduk ini menjadikan tangan sebagai penyangga dagu di sekitar pipi guna menopang kepala.

3. Menukuk

Macam-Macam Posisi Duduk Menukuk Ketika Anda sedang membaca buku atau bekerja, lalu posisi bahu sampai punggung membungkuk, maka itulah yang disebut dengan posisi duduk menukuk. Sikap duduk menukuk tidak hanya ditemukan pada orang yang sedang bekerja, terkadang orang yang sedang makan dan mengikat tali sepatu juga melakukan posisi duduk ini.

4. Sengkil

Sengkil Sengkil yaitu istilah yang menggambarkan posisi duduk di mana sebagian badan Anda tidak sepenuhnya duduk. Misalnya, Anda duduk di jendela dengan maksud menunggu kedatangan seseorang. Posisi ini identik dengan kaki yang hanya sedikit menekuk, karena badan Anda harus melihat ke arah luar. Baca Juga: Posisi Duduk yang Benar untuk Menjaga Kesehatan Tulang

5. Berlunjur

Berlunjur Posisi duduk berlunjur yaitu ketika Anda meluruskan kaki ke depan. Banyak orang yang menyebut sikap duduk berlunjur ini dengan selonjoran. Posisi duduk ini biasanya dilakukan saat Anda hendak beristirahat, terutama setelah melakukan aktivitas padat seharian.

6. Bersila

Macam-Macam Posisi Duduk Bersila Duduk bersila dilakukan dengan melipatkan betis kaki secara bersilangan di depan. Sikap duduk bersila ini umumnya dilakukan oleh seseorang pada situasi lesehan atau duduk tanpa kursi. Anda dapat melakukan duduk bersila saat membaca, bercengkrama, hingga berdoa. Duduk bersila ini kerap kali dilakukan juga oleh para praktisi yoga sebagai sikap dasar meditasi.

7. Bertinggung

Bertinggung Posisi duduk bertinggung yaitu ketika Anda menekuk kedua lutut dan menjadikan telapak kaki sebagai tumpuan, dengan posisi bokong yang hampir mengenai lantai. Bertinggung hampir mirip dengan posisi jongkok. Posisi duduk ini biasanya sering dilakukan oleh anak kecil yang sedang bermain.

Jenis-Jenis Kelainan Tulang Belakang Akibat Salah Duduk

Jenis-Jenis Kelainan Tulang Belakang Akibat Salah Duduk Selain terdapat macam-macam posisi duduk yang jarang diketahui, ada juga jenis-jenis kelainan tulang belakang akibat salah duduk yang kurang dikenali. Kelainan tulang belakang ini tidak hanya berdampak pada postur tubuh, tetapi juga menimbulkan risiko nyeri pada tulang belakang. Kenali berbagai jenis kelainan tulang belakang serta penyebabnya di bawah ini.

1. Lordosis

Lordosis Kondisi lordosis ditandai dengan tulang belakang bagian bawah melengkung atau bengkok ke depan. Kondisi ini sering disebut juga dengan swayback. Orang yang terkena kelainan tulang belakang ini biasanya bokongnya lebih menonjol. Sebenarnya, posisi tulang belakang bagian bawah memang melengkung. Namun, pada penderita lordosis, lengkungan yang terjadi terlalu dalam dan berlebihan. Lengkungan ini yang kemudian menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Beberapa penyebab kelainan tulang lordosis diantaranya karena osteoporosis, kehamilan, dan postur tubuh yang buruk karena berbagai kebiasaan. Misalnya berdiri dan duduk dengan posisi yang salah, peradangan pada ruang antara tulang belakang, dan genetik. Baca Juga: Kursi Kerja Ergonomis untuk Mencegah Efek Terlalu Lama Duduk

2. Kifosis

Kifosis Kelainan tulang belakang kifosis yaitu terjadi ketika tulang punggung atas membulat ke depan. Kelainan ini biasanya membuat penderita terlihat bungkuk. Kifosis termasuk kelainan tulang belakang yang sering dialami banyak orang. Biasanya disebabkan karena penuaan, kelemahan otot punggung atas, cedera tulang belakang, dan radang sendi. Kelengkungan tulang pada penderita kifosis bisa sampai 50 derajat. Idealnya, lengkungan tulang tersebut berkisar antara 20 - 45 derajat. Kondisi ini bisa terjadi pada bayi hingga orang lanjut usia. Wanita dianggap sering mengalami kondisi kelainan tulang belakang ini karena postur tubuhnya.

3. Skoliosis

Skoliosis Kelainan tulang belakang yang satu ini cukup serius dan membutuhkan upaya medis secara langsung. Skoliosis merupakan kondisi di mana tulang belakang melengkung ke samping secara tidak normal dan membentuk huruf S atau C. Penderita skoliosis cenderung memiliki bahu dan panggul yang tidak seimbang. Jika kondisi skoliosis semakin parah, efeknya bisa berbahaya. Mulai dari melumpuhkan paru-paru hingga mengganggu fungsi organ tersebut. Faktor penyebab skoliosis bukan terjadi karena faktor kebiasaan, melainkan disebabkan oleh infeksi tulang belakang, kelainan otot saraf, penyakit genetika, hingga bawaan lahir. Saat anak-anak, gejala skoliosis ini tidak terlalu parah, namun akan bertambah buruh seiring bertambahnya usia. Setelah mengetahui macam-macam posisi duduk dan jenis-jenis kelainan tulang belakang, selanjutnya apa yang mesti Anda lakukan? Anda dapat melakukan berbagai cara untuk menghindari kelainan tulang belakang itu terjadi pada tubuh Anda. Salah satu cara yang paling mudah dilakukan yaitu memperbaiki posisi duduk Anda dengan menggunakan furnitur ergonomis, terutama saat bekerja. Fitur ergonomis tersebut terdiri dari kursi dan meja yang dirancang khusus untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. Dapatkan ergonomic chair dengan menghubungi tim PEXIO sekarang juga untuk solusi kenyamanan kerja Anda. Ergonomic Chair PEXIO

Cart

No more products available for purchase

Your Cart is Empty