This site has limited support for your browser. We recommend switching to Edge, Chrome, Safari, or Firefox.

12 Desain Ruang Tamu Minimalis 3x3 Terbaru 2022

Apabila Anda hanya memiliki ruang tamu minimalis 3x3, kemungkinan besar Anda sedang mencari inspirasi desain yang estetik dan nyaman. Ruangan yang kecil, memang memiliki tantangannya tersendiri untuk di desain. Namun saat ini sudah cukup banyak desain-desain menarik yang dapat Anda aplikasikan pada ruang tamu rumah.

Memainkan warna, tema dan furniture yang sesuai, sejatinya akan membuat ruang tamu Anda sangat cantik dan nyaman meskipun ruangannya sangat kecil. Coba perhatikan beberapa teknik mendesain ruang tamu minimalis 3×3 berikut ini. Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 3x3

12 Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 3x3 Agar Terlihat Estetis dan Luas

Desain yang membuat efek ruangan menjadi besar dan yang estetis, merupakan fokus dalam mendesain ruangan yang kecil. Teknik-teknik berikut ini adalah cara yang bisa Anda aplikasikan untuk memaksimalkan setiap ruang yang similiki, agar ruang tamu terasa lebih lega.

1. Gunakan Jendela Berukuran Besar

Desain ruang tamu minimalis dengan jendela besar Menggunakan jendela dengan ukuran yang besar akan membuat ruang tamu Anda jadi lebih lega. Membiarkan banyak cahaya matahari masuk ke ruang tamu, akan memberikan kesegaran dalam ruangan tersebut. Pemandangan luar yang bisa Anda lihat pun jadi lebih lebar. Baca Juga: 11 Cara Mendekor Ruang Tamu dengan Langkah Sederhana

2. Gunakan Cermin Berukuran Besar

Cermin ukuran besar di ruang tamu 3x3 Selain jendela, menggunakan cermin berukuran besar akan memberikan ilusi pada ruang tamu Anda. Penempatan cermin berukuran besar yang berhadapan dengan tembok, akan memberikan kesan ruangan yang luas. Dengan begitu Anda tidak akan merasa sesak saat beraktivitas dalam waktu yang lama di ruang tamu.

3. Memakai Konsep Lesehan

Konsep lesehan pada ruang tamu 3x3 Jika Anda merasa menggunakan perabotan akan membuat suasana ruang tamu yang sesak. Maka menggunakan konsep lesehan bisa menjadi opsi. Anda hanya perlu menaruh karpet sebagai alas duduk atau menggunakan bean bag sebagai pengganti sofa. Dengan konsep lesehan yang simpel, tentu ruang tamu berukuran 3x3 Anda jadi terasa sangat luas. Baca Juga: 8 Manfaat Ergonomi yang Besar untuk Furniture Ruang Kerja

4. Memilih Perabotan Multifungsi Seperti DERBY dari PEXIO

Kursi Derby dari PEXIO di Ruang Tamu Ruang tamu 3x3 tentu memerlukan tempat duduk dan meja untuk digunakan. Jika Anda ingin memaksimalkannya secara penuh, kursi ergonomis DERBY dari PEXIO bisa jadi alternatif. Kursinya yang dilengkapi dengan meja, akan sangat cocok untuk Anda taruh di ruang tamu. Terkhusus bagi Anda yang juga menjadikan ruang tamu sebagai tempat untuk bekerja atau belajar, roda yang terpasang akan membuat Anda bisa dengan mudah memindahkannya saat bosan ke salah satu sudut ruangan.

5. Memaksimalkan Ruang di Dinding

Memaksimalkan space di ruang tamu minimalis 3x3 Menaruh lemari sebagai tempat penyimpanan memang akan membuat barang-barang yang Anda miliki dapat tersimpan dengan baik. Namun keberadaan lemari yang besar seringkali memakan space yang terlalu banyak pada ruang tamu Anda. Oleh karena itu gunakan dinding sebagai tempat penyimpanan alternatif. Gunakan rak-rak pada dinding rumah Anda untuk menyusun barang-barang agar pemandangan ruang tamu tetap enak dipandang. Menaruh rak pada dinding juga akan membuat dekorasi tambahan dari barang-barang yang sudah ada, sehingga Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk dekorasi tambahan. Baca Juga: 4 Macam-Macam Interior Kantor yang Wajib Dimiliki

6. Menggunakan Kombinasi Warna Cerah

Kombinasi warna cerah di ruang tamu 3x3 Penggunaan warna cerah pada ruangan yang kecil adalah kunci untuk membuat ruangan Anda menjadi terasa lebih besar. Dengan pantulan cahaya lampu dan cahaya matahari, ruangan akan menjadi lebih hidup dan ceria. Perpaduan warna netral yang cerah seperti warna putih, krem dan pastel akan membuat Anda betah berada di ruang tamu.

7. Menyesuaikan Ukuran Sofa

Sofa yang menyesuaikan Memiliki sofa di ruangan yang kecil bisa jadi masalah karena dapat memakan terlalu banyak tempat. Oleh karena itu, pilihlah jenis dan warna sofa yang sesuai. Hindari penggunaan sofa berukuran besar karena akan membuat ruang tamu Anda terasa sempit. Anda dapat memilih sofa dengan mengukur dan membandingkan dengan luas ruangan Anda terlebih dahulu. Anda juga dapat mempelajari cara memilih sofa untuk ruang tamu beserta jenisnya melalui artikel berikut ini '7 Rekomendasi Sofa Minimalis Modern untuk Ruang Tamu Kecil'. Pada intinya, sofa dengan bentuk yang simpel dan gaya minimalis menjadi pilihan paling tepat untuk ruang tamu dengan ukuran terbatas.

8. Letakkan Sofa Berbentuk L di Ruang Sempit

Sofa L untuk Ruang Tamu Minimalis Sebelum mendekorasi atau melengkapi ruang tamu 3x4 Anda yang berbentuk canggung, pertimbangkan cara terbaik untuk mengoptimalkan ruang yang tersedia. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan sofa berbentuk L untuk ruang tamu kecil karena sofa jenis ini dapat Anda tempatkan di sudut rumah Anda.

9. Tanaman Hias yang Menempel di Dinding

Tanaman Hias Dinding pada Ruang Tamu Memasang tanaman hias di dinding dapat menjadi ide bagi Anda yang ingin membuat kesan asri namun memiliki luas ruang tamu yang terbatas. Anda dapat membuat tanaman hias dinding dengan konsep sederhana, tidak terlalu banyak menggunakan pernak-pernik, namun tetap terlihat indah. Tanaman hias juga dapat menjadi penyaring udara alami, sehingga membuat udara rumah yang lebih segar serta memberikan nuansa outdoor. Baca juga: Manfaat Tanaman Hias: Kenali Manfaat Memilikinya di Rumah Anda

10. Desain Ruang Tamu Minimalis Modern

Ruang Tamu Minimalis Desain Modern Minimalisme selalu identik dengan modernitas. Dengan memanfaatkan bahan tekstil, desain ruang tamu minimalis ukuran 3×3 ini membuat siapapun ingin bersantai ria di sana. Lampu meja untuk membaca bersinar mengkilat dan meja bundar kecil mempertajam citra modernitas di ruang tamu.

11. Lampu Dinding untuk Menghemat Ruang

Lampu dinding ruang tamu minimalis Di ruang kecil, semua tentang menghemat ruang lantai yang berharga sehingga ruangan tidak tampak terlalu berantakan. Anda dapat memilih pencahayaan yang dipasang di dinding dengan profil yang ramping. Interior ruang tamu ini Anda lakukan untuk memaksimalkan ruang lantai yang berharga yang dapat hilang karena terdapat lampu lantai atau meja di atas lampu.

12. Transisi ke Luar Ruangan

Desain Ruang Tamu 3x3 Transisi ke Luar Ruangan Jika luar ruangan bersebelahan langsung dengan ruang tamu, selamat Anda cukup beruntung! Tidak peduli seberapa besar atau kecilnya, rasakan manfaat ruang ekstra tersebut. Pastikan Anda memiliki pintu yang terbuka sepenuhnya, agar tercipta kebebasan dari dalam ruang tamu ke luar ruangan. Hal ini akan membantu membuat ruang tamu kecil terasa lebih luas. Pilihlah furniture atau perabotan yang serasi untuk menghias dua area tersebut dan membuat perjalanan dari satu ruangan ke tempat yang lain terasa menyenangkan.

Kesimpulan

Kini Anda sudah tahu bagaimana membuat ruang tamu minimalis 3x3 menjadi lebih luas. Menggunakan beberapa trik di atas tentu akan menjadikan ruang tamu Anda menjadi unik dan tetap estetis. Pastikan Anda memilih desain dan perabotan yang tepat. Selain ergonomic chair, Living room furniture dari PEXIO juga bisa jadi salah satu pilihan bermanfaat bagi Anda. Ada banyak desain furniture menarik yang bisa ditaruh pada ruang tamu Anda. Kunjungi showroom PEXIO secara langsung atau temukan kami melalui e-commerce kesayangan Anda.

Cart

No more products available for purchase

Your Cart is Empty