This site has limited support for your browser. We recommend switching to Edge, Chrome, Safari, or Firefox.

PEXIO 3 Years of Innovation - Sale up to 40%

6 Cara Menata Meja Kerja di Kantor agar Semakin Apik

Banyak karyawan yang menganggap kantor sebagai ‘rumah kedua’ sehingga meja kerjanya diisi dengan barang yang kurang diperlukan. Meja kerja menjadi pemandangan yang kita lihat setiap hari, jadi Anda harus memperhatikan penataannya. Cara menata meja kerja di kantor yang baik akan membuat semangat kerja Anda meningkat setiap harinya. Meja kantor selalu identik dengan tumpukan kertas atau file yang kurang diperlukan. Untuk menambah semangat kerja, tidak jarang orang menambah pernak-pernik lucu di mejanya. Langkah ini tidak salah, tapi berujung pada masalah apabila tidak ditata dengan rapi.

Cara Menata Meja Kerja di Kantor untuk Kenyamanan

Menata meja kerja di kantor mungkin bukan job description yang harus Anda kerjakan. Namun, kenyamanan tempat kerja tersebut bisa memengaruhi motivasi dan semangat kerja. Semangat kerja yang meningkat akan menghasilkan performa kerja yang tinggi. Pekerjaan pun jadi cepat selesai karena Anda fokus dengan pekerjaannya. Siapa lagi yang mau mengatur meja kerja di kantor kalau bukan Anda? Pasalnya, ada beberapa file penting atau barang pribadi yang terdapat di meja kerja tersebut. Orang lain sungkan menyentuh atau sekedar membantu merapikannya karena bisa membuat Anda bingung dengan lokasi barang seharusnya. Meja kerja yang berantakan akan menurunkan mood Anda, bahkan sebelum mulai bekerja. Bayangkan saja, tumpukan file di meja kerja mengingatkan Anda akan pekerjaan yang harus diselesaikan. Belum lagi, dekorasi atau barang pribadi yang berserakan di meja sudah membuat Anda demotivasi. Saat memiliki waktu luang di kantor, gunakanlah untuk menata kembali meja kantor Anda. Anda bisa melakukannya secara mingguan sebelum menyambut akhir pekan atau cuti. Niscaya, Anda akan disambut dengan pemandangan meja kerja yang rapi saat kembali bekerja.

1. Buang Barang yang Tidak Perlu

Langkah pertama dalam menata meja adalah membuang barang yang tidak diperlukan, seperti tumpukan file atau barang yang sudah terpakai. Hasilnya, meja kerja Anda terlihat lebih luas dan teratur sehingga barang-barangnya bisa ditata kembali.

2. Gunakan Perabotan yang Nyaman

Kenyamanan saat bekerja juga tergantung pada jenis perabot yang digunakan. Sebagai informasi, kursi yang nyaman belum tentu berguna untuk kesehatan punggung Anda. Solusinya adalah gunakan kursi kerja ergonomis Luxio yang bisa disesuaikan dengan tinggi badan Anda. Kursi ergonomis ini membuat punggung Anda tetap nyaman selama bekerja karena bisa mengurangi tekanan di pinggul. Anda tidak perlu khawatir menderita sakit punggung hanya karena kelamaan duduk. Baca Juga: 4 Macam-Macam Interior Kantor yang Wajib Dimiliki

3. Tambah Tong Sampah di Bawah Meja

Jaga kebersihan meja kerja di kantor dengan menambah tong sampah mini di bawah meja. Anda bisa langsung membuang barang yang kurang diperlukan tanpa harus menumpuknya di meja. Menunda pembuangan sampah malah berujung pada penumpukan lantaran Anda lupa membuang sampah tersebut.

4. Atur Dekorasi Seperlunya

Dekorasi meja seperti miniatur, tanaman hias mini, dan sejenisnya memang menambah semangat kerja. Namun, perhatikan juga pengaturan atau tata letaknya agar tidak mendominasi meja kerja Anda. Baca Juga: Mengenal Prinsip Ergonomis Beserta Fungsinya

5. Gunakan Cork Board dan Sticky Notes

Anda membutuhkan pengingat mengenai tugas dan deadline yang harus dipenuhi? Gunakan saja mini cork board (papan gabus) dan sticky notes sebagai pengingatnya. Jika tugas tersebut sudah dipenuhi, Anda bisa langsung membuang sticky notes tersebut dan menggantinya dengan yang baru sesuai kebutuhan. Baca Juga: 7 Jenis-Jenis Kursi Kantor dan Fungsinya

6. Gunakan File Folder

Anda masih diwajibkan membuat file dalam bentuk kertas? Daripada menumpuk file tersebut, Anda bisa memanfaatkan file folder sesuai dengan kategorinya. Langkah ini juga memudahkan Anda dalam mencari file pekerjaan yang diperlukan. Selain mempraktekkan cara menata meja kerja di kantor di atas, Anda juga bisa mengganti perabotan kantor dengan ergonomic furniture dari PEXIO. Perabotan ergonomis ini tidak hanya dirancang dengan estetik, tapi juga membuat Anda nyaman selama bekerja. Ganti perabotan kantor dengan ergonomic furniture untuk performa kerja yang lebih baik. Banner Ergonomic Chair PEXIO

Use coupon code WELCOME10 for 10% off your first order.

Cart

No more products available for purchase

Your Cart is Empty